oleh

Arab Saudi Tangguhkan Umrah, CV Langit Cirebon Turut Berempati

Citrust.id – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melakukan langkah proaktif guna menangkal masuk dan menyebarnya virus Corona (COVID-19).

Melalui maklumat yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi hari ini atau Kamis (27/2), Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara bagi warga negara asing yang ingin melaksanakan ibadah umrah maupun ziarah ke Masjid Nabawi. Kementerian Haji dan Umroh pun resmi menghentikan visa umrah untuk sementara.

Keputusan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tersebut mendapat respons dari para penyelenggara haji dan umrah. Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) menyarankan seluruh anggota travel umrah dan haji untuk menjadwalkan ulang terhadap vendor-vendor, seperti penerbangan, visa, dan hotel. SAPUHI juga telah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan solusi atas kebijakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Sementara itu, dalam surat edaran yang ditandatangani Ketua Umum Joko Asmoro, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengimbau jemaah yang sudah terdaftar dan akan berangkat agar menerima serta memahami kondisi ini dengan penuh kesabaran dan tawakal.

Abdi Kurnia

Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara umrah dan perjalanan wisata juga tak luput dari perhatian tour dan travel CV Langit Cirebon.

Owner CV Langit Cirebon, Abdi Kurnia, mengatakan, pihaknya berempati terhadap kondisi ini. Ia pun memahami, kebijakan tersebut dibuat demi kepentingan dan kebaikan umat, termasuk jemaah umrah.

“Kami menghormati kebijakan yang dibuat Kerajaan Arab Saudi. Kebijakan itu tentu dibuat melalui kajian terhadap kondisi global terkini, terutama terkait penyebaran virus Corona,” tuturnya.

Abdi juga mengimbau seluruh jemaah umrah untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah.

“Para jemaah hendaknya tenang dan bersabar. Penghentian layanan umrah ini bersifat sementara. Penerapan kebijakan itu pun terus dipantau dan dievaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten di sana,” ucap Abdi. (Haris)

BACA JUGA:   Petugas Antisipasi Lonjakan Wisatawan Saat Libur Panjang

Komentar

News Feed