oleh

90 Persen Bus AKAP Telah Diperiksa Kemenhub

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah memeriksa 90 persen bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) jelang arus mudik Lebaran 2016. Dari total sekitar 14000 sudah diperiksa 12000 bus.

Meski tidak diungkapkan detil kriterianya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut bus yang telah diperiksa pihaknya mayoritas dalam kondisi laik jalan. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menggelar rapat evaluasi terhadap kesiapan angkutan darat,  khususnya bus dalam masa mudik tahun ini.

Kementerian Perhubungan menerapkan peraturan lima item bagi bus-bus yang menjadi angkutan mudik. Lima item itu adalah rem kaki maupun tangan berfungsi dengan baik, speedometer berfungsi dengan baik, kaca tidak boleh ada yang pecah, sabuk pengaman pengemudi berfungsi, dan kondisi ban depan tidak boleh divulkanisir ulang.

Sebelumnya Jonan juga sempat mengundang sekitar 130 pengusaha angkutan bus AKAP untuk membuat kesepakatan bersama mengenai lima item ini. Diakuinya, lima item tersebut belum ideal, namun dikhawatirkan jika terlalu ideal dan melebihi lima item yang ditetapkan akan membuat angkutan berkurang dan berimbas ke masyarakat. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kawasan Kanoman dan Bendakerep Bakal Ditata Jadi Kampung Wisata

Komentar

News Feed