oleh

Ribuan Masyarakat Antusias Menyaksikan Arak-arakan Gunungjati

Citrus.id – Arak-arakan yang masih dalam rangkaian Upacara Nadran Gunungjati terlihat sungguh ramai oleh ribuan orang. Baik dari pengiring arakan, penonton, dan pedagang kaki lima.

Acara yang dilaksanakan setahun sekali ini selalu mendapat apresiasi dan menimbulkan kecintaan bagi masyarakat. Hal ini tentunya sebuah hiburan dan kebanggan tersendiri khususnya bagi warga Gunungjati dan umumnya bagi masyarakat Cirebon.

“Arak-arakan ini tentunya merupakan kebanggaan bagi kami, karena selain melestarikan budaya, juga sekaligus ajang hiburan tiap tahunnya bagi warga,” ujar Wadudin, salah satu pengunjung asal Gunungjati kepada Citrust.id, Minggu, (23/9/2018).

Acara ini dimulai dari pukul 12.00 WIB dengan persiapan arak-arakan warga tiap desa yang ada di Kecamatan Gunungjati, Kecamatan Suranenggala, dan sekitarnya. Kemudian pukul 14.00 WIB dimulai arak-arakan dari Gunungjati menuju Taman Kerucuk dan Kembali lagi ke arah Gunungjati.

Antusiasme masyarakat dan pengunjung dari luar daerah memadati seluruh rute arak-arakan. Sebagian dari mereka ada yang sekadar mengambil foto, menikmati jajanan pinggir jalan, dan mengisi liburan dengan melihat berbagai kreasi dari kreativitas warga desa.

“Tujuan saya datang kesini ingin berlibur dengan suguhan kreasi seni masyarakat yang tidak lain merupakan rangkaian dari budaya khas Cirebon. Selain itu saya harap ke depannya tetap terlaksana dan semakin dicintai oleh kaum muda supaya budaya khas ini bisa tetap lestari,” tutur Iwan, pengunjung asal Indramayu./heryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed