oleh

Waktu Realisasi Satelit Menkominfo Masih Belum Jelas?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengonfirmasi rencana pemerintah untuk membangun satelit telekomunikasi sebagai pelengkap dari proyek Palapa Ring.

Saat ini, Kominfo belum bisa menjelaskan bagaimana status kepemilikan dari satelit tersebut. Namun Rudiantara sudah menyebutkan klasifikasi dari satelit yang akan digunakan yakni satelit tersebut bisa punya sendiri atau siapapun. Yang pasti, satelit itu harus High Throughput Satellite (HTS).

Nantinya satelit tersebut sebagian besar akan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah. Belum jelas kapan satelit tersebut bisa beroperasi. Yang pasti, Kominfo menginginkan satelit tersebut sudah bisa dirasakan manfaatnya tak lama setelah proyek Palapa Ring rampung.

Diketahui, Kominfo akan menggunakan satelit tersebut agar akses internet bisa merata hingga ke pelosok-pelosok. Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Warga Gelar Guar Bumi di Patilasan Nyi Rambut Kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed