oleh

Wagub Jabar Dukung Pembangunan Embarkasi Haji di Majalengka

Citrust.id – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhalul Ulum, mendukung keberangkatan jemaah haji Ciayumajakuning dan sekitarnya tahun ini dari embarkasi haji di Islamic Centre Kabupaten Majalengka.

“Islamic Centre Majalengka punya 136 kamar dengan kapasitas satu kamar bisa empat orang. Ada masjid besar dan aula yang menampung 1000 orang lebih. Saya cenderung agar Islamic Centre Majalengka dijadikan embarkasi haji tahun ini. Di depannya juga ada hotel,” kata Wagub Uu kepada awak media di sela -sela peninjauan Islamic Centre Kabupaten Majalengka, Selasa (14/5/2019).

Dikatakan dia, dibandingkan Cirebon yang kamarnya tidak memenuhi jumlah yang dibutuhkan, lebih baik pemberangkatan jemaah haji kabupaten/kota di wilayah 3 dari Islamic Centre Majalengka.

“Bahkan, saya usahakan jemaah haji dari Kabupaten Subang dan Sumedang juga berangkat dari Majalengka,” tegas Uu.

Uu menambahkan, hasil peninjauan itu akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat dan Sekda Jabar dalam rapat sore ini di Gedung Sate pukul 16.00 WIB.

“Islamic Centre Majalengka sangat layak dari sisi jarak, waktu dan tempat. Dari sisi keamanannya pun sudah dilengapi gerbang. Sejak masuk penginapan, jemaah sudah menjadi tanggung jawab maskapai. Mereka tidak boleh terlalu lama stay. Dari sisi jarak paling memungkinkan di Islamic Centre Majalengka,”ungkapnya.

Wagub Uu juga menegaskan, pihaknya siap meyakinkan Kementerian Agama agar embarkasi haji dibangun di Majalengka, tidak di Indramayu.

“Pembangunan embarkasi di Indramayu masih bisa berubah karena awalnya kompensasi membangun Madrasah Cendekia tidak jadi. Dihubungkan dengan adanya Bandara Internasional di Majalengka jadi ditawari embarkasi haji. Harusnya tidak dihubung-hubungkan. Kebijakan Pemerintah masih bisa berubah,” katanya.

Sementara itu, Bupati Majalengka H. Karna Sobahi mengatakan, untuk membangun embarkasi haji, pihaknya telah menyediakan atau menghibahkan tanah milik Pemkab Majalengka seluas 9,5 hektare di Desa Palasah, Kecamatan Kertajati.

BACA JUGA:   Penjambret HP Pelajar Diringkus Polisi

“Lokasinya hanya berjarak 1,5 kilometer dari Bandara Kertajati,” tukasnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed