oleh

Temui Wakil Rakyat, GMBI Sampaikan Aspirasi Tolak RUU HIP

Citrust.id – Massa yang tergabung dalam LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kuningan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kuningan, Selasa (30/6).

Mereka melakukan orasi pernyataan sikap menolak RUU HIP. GMBI mendesak DPR RI untuk lebih sensitif mendengar aspirasi rakyat.

Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy mengatakan, GMBI merupakan mitra. Eksistensi mereka tidak diragukan lagi.

“Ada dua hal yang kami terima dalam audiensi ini, yaitu Komunis dan RUU HIP. Komunis memang sudah tidak ada tempat lagi,” jawabnya

Tentang HIP, Nuzul mengingatkan agar tidak ada pihak yang seolah-olah cuci tangan. HIP muncul bermula dari pelantikan DPR RI/MPR RI. Di sana, Ketua MPR menyampaikan apresiasi kepada presiden Jokowi dalam kepemimpinannya telah menjunjung Pancasila dengan terbentuknya BPIP. Setelah itu, direspons oleh DPR RI.

“RUU HIP sudah disepakati oleh fraksi-fraksi yang ada di DPR RI. Namun, karena pemerintah mendengar aspirasi masyarakat, maka presiden pun menunda RUU HIP. Apabila gejolak itu kembali ada, maka tidak menuntut kemungkinan RUU itu ditolak,” ujar Nuzul.

Nuzul berjanji akan mengawal aspirasi GMBI hingga DPR RI. Audiensi ditutup dengan serah terima dokumen aspirasi dari GMBI kepada Ketua DPRD Kuningan. (Andin)

BACA JUGA:   Kondisi Membaik, Pasien Covid-19 RSUD Kuningan Boleh Pulang

Komentar

News Feed