oleh

Tempat Bersejarah Indonesia yang Ada Juga di Mancanegara

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebagai bangsa dengan sejarah yang panjang, Indonesia juga memiliki banyak situs peninggalan sejarah, yang telah dilindungi sebagai cagar budaya. Namun, belum banyak orang yang tahu, berbagai situs sejarah yang ditemukan di Indonesia ternyata memiliki kesamaan dari segi bentuk. Berikut 5 bangunan prasejarah di dunia, yang ternyata ada di Indonesia.

  1. Leang-leang di Sulawesi Selatan. Gua yang oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Leang-leang ini juga pernah menjadi tempat tinggal bagi manusia purba. Berada di perbukitan karts, Leang-leang juga dilengkapi dengan lukisan dinding purba. Lukisan-lukisan berupa telapak tangan dan hewan yang diklaim sudah ada sejak 8.000- 3.000 SM. Tempat tersebut serupa dengan The Magura Cave yang terletak di bagian timur laut Bulgaria berada di bukit kapur Rabisha yang ada di ketinggiab 461 mdpl, dilengkapi dengan lukisan pada dinding-dindingnya. Berbagai lukisan tersebut menggambarkan siluet perempuan yang sedang menari, dan laki-laki yang sedang berburu, hingga hewan dan alat-alat yang pernah mereka gunakan.
  2. Waruga di Sulawesi Utara. Waruga oleh masyarakat Minahasa tempo dulu digunakan sebagai tempat menyimpan jenazah. Waruga mirip dengan The Latte Stones Kepulauan Mariana di bagian barat Samudera Pasifik, merupakan situs purba peninggalan zaman megalitikum, berfungsi sebagai pilar penyangga rumah mereka.
  3. Kubur Batu di Toraja, Sulawesi Selatan. Situs kubur batu yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Tana Toraja. Bukit karts menjadi tempat untuk menyimpan jenazah, sehingga dari kejauhan, melihatnya sama seperti melihat Bandelier National Monument di Meksiko. (Net/CT)
BACA JUGA:   Satreskrim Polres Majalengka Tangkap Sembilan Pelaku Kejahatan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed