oleh

Telkomsel Perkuat Ekosistem Digital Sektor Perbankan

Citrust.idTelkomsel menjalin kolaborasi bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS Group) dalam perkuat ekosistem digital di sektor perbankan melalui inisiatif kerja sama pemanfaatan solusi digital dalam mendukung BNI Go Global. Kolaborasi yang terjalin antara Telkomsel, Bank BNI, dan MCAS Group tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta (27/6/2022).

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, kolaborasi bersama BNI dan MCAS Group sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai connectivity enabler.

“Melalui kolaborasi ini, Telkomsel akan senantiasa mengoptimalkan dan perkuat seluruh aset ekosistem digital dalam menghadirkan berbagai solusi digitalu. Hal itu untuk mengakselerasi transformasi digital BNI. Mulai dari digitalisasi pelayanan pelanggan, akses terintegrasi, hingga pemanfaatan big data. Hal itu akan mampu meningkatkan kapabilitas digital BNI dan #MelesatPasti guna menjadi salah satu bank BUMN yang go global,” ujarnya.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, perseroan Telkomsel dan MCAS Group memiliki tujuan sama dalam transformasi digital dalam proses bisnis. Termasuk customer on-boarding, in-app customer engagement, modernisasi tranksaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data.

Oleh karena itu, perseroan berharap kerja sama itu akan terus berjalan untuk memperluas ekosistem digital di Indonesia. BNI sebagai bank yang memiliki visi menjadi lembaga keuangan yang unggul dalam layanan akan terus berinovasi dan kolaborasi. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan nasabah khususnya dalam transaksi finansial.

“BNI akan terus melakukan kolaborasi strategis bersama mitra bisnis dalam wujud upaya akselerasi transformasi digital serta pencapaian bisnis,” katanya.

Direktur Utama PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), Martin Suharlie menyampaikan, pihaknya bangga dapat turut berkolaborasi dengan BNI dan Telkomsel. Pihaknya selalu memastikan untuk mengiringi setiap inisiasi kerja sama dengan dukungan infrastruktur digital yang massive dan terdepan dari MCAS Group.

“Kami sepenuhnya yakin dapat mendukung transformasi digital dalam proses modernisasi bisnis BNI dan Telkomsel. Berbagai inisiatif yang kami lakukan baik dengan BNI dan Telkomsel tentunya memberikan mutual benefit. Ke depannya kami akan terus melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan sinergi yang semakin handal,” jelasnya.

Melalui kerja sama itu, BNI dan Telkomsel akan semakin tangguh dan terintegrasi dengan dukungan MCAS Group sebagai sebagai penyedia sistem distribusi digital yang memastikan pendistribusian cross-products & services antara BNI dan Telkomsel dapat berjalan dengan lancar, salah satunya adalah penjualan kartu perdana Telkomsel oleh Agen46 BNI.

“Selain itu, MCAS Group memberdayakan ekosistem digitalnya untuk bersinergi dengan BNI melalui kerjasama sharing biller, layanan drop point logistik melalui Agen46 BNI, utilisasi IP Bumi Langit pada kartu uang elektronik TapCash. Ke depannya membuka aksesbilitas Sistem Ganti Baterai EV Volta yang berkelanjutan,” tambah Martin.

Telkomsel akan memperkuat kapabilitas BNI, khususnya mencakup di bidang account management business, banking and financial account management. Termasuk corporate account management. Telkomsel juga akan mengoptimalkan ekosistem dan layanan Telkomsel Enterprise untuk membantu BNI mengakselerasi transformasi digital. Akselerasi transformasi digital itu dalam proses customer on-boarding, in-app customer engagement, modernisasi transaksi dan layanan, hingga pemanfaatan big data.

Itu sejalan dengan komitmen Telkomsel yang berupaya membuka peluang lebih luas bagi sektor perbankan untuk dapat berkembang hingga berdaya saing global. Selain itu, tujuan kolaborasi ini tak terbatas hanya pada peningkatan ekosistem digital BNI, melainkan juga Telkomsel dan MCAS Group.

Untuk tahap awal kolaborasi, Telkomsel bersama BNI dan MCAS Group akan fokus dalam meningkatkan solusi perusahaan digital. Antara lain melalui peningkatan project yang sedang berjalan dan mengoptimalkan berbagai peluang pengembangan terbarukan. Adapun beberapa kolaborasi Telkomsel yang sudah dan sedang berjalan bersama BNI saat ini meliputi solusi layanan Mobile EDC & EDC Android, konektivitas BNI Agen46, dan Compact Enterprise.

Kemudian untuk pengoptinalan berbagai peluang baru di antaranya Direct Peering, Fraud Prevention (SIM Swap dan SIM Recycle), dan Customer Engagement Platform (CEP) Solution. Di samping itu, Video API, Header Enrichment, Network Prioritization (GBR), Omni Channel, dan Digital Games partnership.

“Kami berharap, kolaborasi ini menjadi langkah awal bagi Telkomsel untuk bergerak bersama-sama dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam mengakselerasi negeri menuju kedaulatan digital di sektor perbankan. Semoga, kolaborasi ini akan semakin terbuka berbagai peluang yang dapat mendorong inovasi layanan kepada masyarakat dan mampu mengoptimalkan berbagai potensi dalam memperkuat ekosistem digital perbankan,” tandas Hendri. (Haris)

Komentar