oleh

Tak Punya Biaya untuk Operasi, Lima Tahun Seorang Nelayan Menahan Sakit Akibat Tumor

CIREBON (CT) – Tarisan (40) warga RT 03 RW 02 Dusun 2 Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon terbaring tak berdaya, karena penyakit tumor yang dideritanya bertahun-tahun tak kunjung sembuh. Pihak keluarga tak tinggal diam dengan penyakit yang diderita ayah empat anak ini. berbagai upaya telah dilakukan, namun karena keterbatasan ekonomi membuat keluarga pasrah dengan keadaan, Sabtu (19/03).

Seperti dikatakan istrinya Turi, pihak keluarga sudah membawanya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunung Jati Kota Cirebon. Akan tetapi dibiarkan saja di tempat tidur, tanpa ada penanganan medis. Sedangkan di RSUD Waled sempat dirawat, sembuh dan kambuh lagi rasa sakit dibagian perut hingga pinggang bagian belakang.

“Karena keterbatasan ekonomi, tergantung adanya uang saja untuk berobat. Karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan, bisa mencapai Rp 500 ribu. Mungkin, bagi yang mampu tak seberapa, tapi bagi seorang nelayan, pastinya sangat besar uang tersebut,” keluh Turi.

Masih dikatakan Turi, selama ini pihak keluarga pasrah dengan keadaan Tarisan, karena tidak ada biaya untuk operasi yang mencapai Rp 10 juta lebih.

“Untuk berobat saja ngutang, apalagi operasi yang nilainya jutaan rupiah. Meski memiliki BPJS dari pemerintah, namun kurang mencukupi untuk operasi. Kami harapkan adanya bantuan dari pemerintah dan donatur untuk biaya operasi,” harapnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Citemu, Supriyadi membenarkan adanya warga yang menderita tumor di perut, dan pihak desa sudah berupaya maksimal untuk pengobatan.

“Kalau tidak salah yang bersangkutan sudah 5 tahun sakit seperti itu. Tapi, kadang kambuh dan sembuh. Paling parah sudah dua bulan lalu terbaring di tempat tidur, dan hanya bisa merintih kesakitan, ketika digerakan tubuhnya,” imbuhnya. (Riky Sonia)

Komentar