oleh

Survey Cyrus, Dukungan Paslon Rindu dan Duo DM juga dari PDI-P, PKS, dan Gerindra

Citrust.id – Survey Cyrus Network yang kemudian menepatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu (Rindu) dan Dedi Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) teratas dari pasangan lainya, ternyata telah membelah basis-basis suara pendukung setia partai PDI-P dan PKS.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Managing Direktor Cyrus Network, Eko David Afianto, menyatakan tentang hasil survey tersebut, “bahwa dalam survey pedukung PDI-P yang merupakan kekuatan di Jawa Barat suaranya terbelah, sekitar 43 persen mendukung pasangan Rindu, dan mendukung pasangan Duo DM sekitar 44 persen,” katanya (05/02/2018) dilansir Tempo.

Lanjutnya lagi, sedangkan suara Gerinda dan PKS yang mendukung ke Pasangan Rindu sekitar 51 persen dan untuk mendukung pasangan Duo DM sekitar 35,4 persen.

Sementara itu saat Citrust.id meminta analisa pengamat politik dari Universitas Unswagati Cirebon Khaeruddin Imawan menanggapi survey Cyrus,” bahwa angka pendukungan basis PDI-P 44 persen yang mendukung lebih besar ke pasangan Duo DM karena posisi keberadaan personafikasi Dedi Mulyadi yang lebih terlihat nasionalismenya dengan keberadaan dirinya yang kuat menghargai kebudayaan sunda wiwitan, sedangkan 43 persen ke Rindu dikarenakan keberadaan Ridwan Kamil yang menjadi Walikota Perkotaan juga sebagai keluarga NU yang lebih dekat dengan kelompok Nasionalis,” katanya.

Lebih jelasnya lagi, basis partai Gerindra dan PKS yang mendukung Pasangan Rindu sekitar 51 Persen karena terdapat Uu yang lebih terlihat kekuatan jaringan keagamaanya sekaligus dirinya dari PPP tentunya bisa menggaet kekuatan-kekuatan PKS. Sedangkan 34,4 persen berada di pasangan Duo DM karena memang terdapat figur Dedi Mizwar yang dulu pernah berpasangan dengan Ahmad Heriyawan sebelumnya. /SW

BACA JUGA:   Pakai Sarung, Acep Purnama Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri di Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed