oleh

Sudahkah Mengenali Fungsi Lubang pada Cakram Motor Anda?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Hari gini siapa yang belum punya sepeda motor? Bagi yang belum, tidak masalah. Tetapi, menambah pengetahuan seputar motor boleh dong. Iya, sepeda motor dengan rem cakram sudah bukan sesuatu hal yang baru. Bakan saat ini rem cakram digunakan bukan hanya pada bagian depan, tapi juga belakang.

Rem cakram menggunakan lempengan atau piringan sebagai media untuk kampas bekerja memberhentikan laju kendaraan. Pada piringan ini umumnya terdapat lubang yang jumlahnya lebih dari satu dan modelnya bervariasi.

Sayangnya banyak yang tidak mengenal fungsi dari lubang ini, sehingga ada yang menganggapnya sebagai lubang untuk menempatkan gembok atau perangkat keamanan tambahan.

Fungsi lubang pada cakram sebenarnya didesain bukan untuk menaruh gembok, tapi sebagai pelepaas panas dari gesekan dengan kampas saat rem digunakan.

Lubang pada piringan cakram berfungsi seperti ventilasi udara. Saat rem digunakan, kampas akan menekan dengan keras yang membuat laju kendaraan menjadi pelan dan diam.

Proses tersebut membuat terjadinya gesekan yang menyebabkan permukaan piringan cakram menjadi panas. Agar cepat melepas panas, maka dibuat lubang-lubang yang berfungsi layaknya saluran pembuangan.

Jika di ruangan, lubang tersebut ibarat ventilasi, jadi Anda jangan sembarangan memodifikasi apabila tidak memahaminya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Warga Gelar Guar Bumi di Patilasan Nyi Rambut Kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed