Citrust.id – Membawa semangat Hari Kebangkitan Nasional, Smartfren prakarsai peluncuran gerakan 100% untuk Indonesia dengan salah satu inisiatifnya, yaitu sejuta akses internet untuk Indonesia. Akses internet berperan penting sebagai medium perubahan dan pembuka peluang baru.
Smartfren berharap, program itu dapat mewujudkan pemerataan akses internet. Di samping itu, menggerakkan anak-anak muda agar dapat memanfaatkannya untuk mengukir prestasi. Antara lain, menjadi atlet esports, wirausaha digital, atau melahirkan karya-karya digital.
Gerakan Internet untuk Indonesia telah berjalan dan akan terus berlanjut pada 2023. Prakarsai gerakan sejuta akses internet, Smartfren mengajak masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam upaya pengembangan potensi, khususnya lokal dengan memanfaatkan internet.
Melalui pemanfaatan berbagai produk Smartfren, pelanggan telah berkontribusi dalam upaya memberikan akses internet untuk masyarakat yang membutuhkan serta membuka peluang baru bagi mereka.
Target pemberian akses tersebut antara lain, pelajar di daerah pelosok dan pelajar di kawasan sub-urban yang kesulitan memenuhi kebutuhan akses internet untuk pendidikan. Selain itu, komunitas belajar di berbagai daerah, serta UMKM lokal di berbagai kota di Indonesia.
Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren mengatakan, momen Hari Kebangkitan Nasional, pihaknya manfaatkan untuk membangkitkan semangat anak-anak muda Indonesia, dalam berkarya. Mereka bisa terbang lebih tinggi dengan memanfaatkan internet.
“Gerakan 100% untuk Indonesia ini adalah komitmen Smartfren untuk menyatukan seluruh anak muda di Indonesia dengan berbagai programnya, membawa UMKM untuk naik kelas, dan memberikan manfaat positif untuk Indonesia,” ujarnya.
Dr. Nining I. Soesilo, Penasihat PEBS Universitas Indonesia menambahkan, itu adalah program Smartfren yang bagus.
Ia berharap, banyak perusahaan lain yang menginiasi program digitalisasi UMKM dan anak-anak muda, sehingga dapat mewujudkan kontribusi positif untuk Indonesia.
Saat ini, ada lebih dari 64 juta unit usaha UMKM di seluruh Indonesia, dan baru sebagian saja yang tersentuh digitalisasi dan berhasil naik kelas.
Selain itu, hampir 97 persen tenaga kerja di Indonesia terserap oleh UMKM. Dengan demikian, upaya untuk mendukung digitalisasi UMKM bakal memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat.
Gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia juga memiliki sejumlah program lain yang terus berjalan secara konsisten. Adapun program tersebut adalah Teman UMKM Indonesia. Program itu fokus pada pengembangan potensi lokal dan digitalisasi untuk membawa UMKM naik kelas.
Ada pula Teman Pintar Indonesia, sebagai medium literasi digital untuk anak muda dan para ibu. Hingga saat ini, Teman Pintar telah menjangkau lebih dari 30 ribu peserta di hampir 150 kota.
Selanjutnya, Teman Kreasi Indonesia yang merupakan wadah kolaborasi dengan berbagai usaha lokal. Kemudian, WOW 100% untuk Indonesia yang telah berjalan di sejumlah kota. Program itu sebagai wadah untuk menampilkan berbagai potensi dari sisi komunitas serta usaha lokal. (Haris)