oleh

Seniman dan Budayawan Keluhkan Izin Pentas

Citrust.id – Para seniman dan budayawan yang tergabung dalam Seniman Satatar Majalengka (Sasama) melayangkan surat permohonan audiensi dan silaturahmi ke Bupati Majalengka.

“Dikarenakan sedang fokus dalam kegiatan penanggulangan bencana, Bupati mendisposisikan ke Badan kesbangpol untuk memfasilitasi audiensi mewakili pemerintah kabupaten,” kata Ketua Sasama, Oman Surahman, dalam keterangannya seusai audiensi, Selasa (9/2).

Dalam audiensi yang diterima Kepala Badan Kesbangpol itu, Sasama mengungkapkan aspirasinya. Mereka juga mengajukan permohonan terkait izin pentas seni di kalangan masyarakat bawah. Selama masa pandemi Covid-19, pentas seni di acara hajatan tidak diizinkan.

“Sudah barang tentu mereka tidak ada penghasilan untuk menafkahi keluarga,” ungkapnya.

Dikatakan Oman, pekerja seni yang tergabung dalam Sasama sekitar 600 kelompok seni. Di dalamnya ada 8 sampai 10 orang dalam satu kelompok seni.

“Kami sudah sangat prihatin menghadapi masalah keuangan. Terbentur karena aturan pembatasan dari pemerintah yang tidak berpihak kepada para pekerja seni,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Iman Pramudya Subagja, berjanji dalam satu hari ini berusaha untuk menyampaikan kepada Bupati untuk segera memberi kebijakan yang berpihak pekerja seni. (Abduh)

Komentar

News Feed