oleh

Senang Berenang di Kolam Pemandian Umum? Waspada Rentan Penularan Penyakit

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kolam renang memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Apalagi kondisi cuaca yang panas sangat memungkinkan menjadi alternatif untuk melepas rasa gerah. Namun, yakinkah Anda kolam renang tersebut terjamin kebersihannya?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS terhadap 40 persen kolam renang umum di AS, diketahui kolam renang anak-anak merupakan yang paling kotor. Mayoritas pencemaran di kolam renang umum dan tempat berendam berasal dari orang yang menderita diare dan tetap berenang.

Hampir seperempat wabah diare dari kolam renang terkait dengan bakteri, seperti Shigella, Campylobacter, dan E.coli, yang seharusnya bisa dimusnahkan oleh disinfektan air.

Penelitian CDC itu juga menemukan, banyak kolam renang yang memiliki kadar keasaman (pH) kurang, standar keselamatan yang rendah, dan level disinfektan kurang.

Ada banyak penyakit yang bisa ditularkan lewat air kolam renang. Misalnya saja diare, iritasi mata, kulit, hingga iritasi saluran napas. Selain dari kuman yang dibawa pengguna kolam renang, seseorang juga bisa terkena iritasi mata dan saluran pernapasan karena uap yang berasal dari chloramin, yang terbentuk ketika klorin berinteraksi dengan keringat atau urine manusia. (Net/CT)

BACA JUGA:   RAPBD 2020 Disetujui, Begini Instruksi Walikota Cirebon kepada SKPD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed