Sambut Nataru, KAI Daop 3 Cirebon Persiapkan Infrastruktur Kereta Api

Citrust.id – Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, PT KAI Daop 3 Cirebon melakukan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api, dengan memastikan proses pekerjaan perbaikan prasarana seperti, peningkatan konstruksi jalan rel.

Langkah itu menjadi bagian penting dari salah satu persiapan menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025, yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Rokhmad Makin Zainul, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon mengatakan, pekerjaan perbaikan prasarana itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan kenyamanan, serta mempersingkat waktu tempuh perjalanan kereta api.

Adapun pekerjaan meliputi, penggantian rel kereta api, penggantian wesel, penggantian bantalan beton hingga pemadatan serta penguatan tubuh ban jalur rel.

“Proses pekerjaan ini dijadwalkan selesai pada pertengahan Desember, sehingga siap untuk melayani pelanggan pada masa Nataru 2024-2025,” terangnya.

Rokhmad menambahkan ?, guna peningkatan keselamatan prasarana KAI Daop 3 Cirebon dari Januari sampai Desember 2024, pihaknya telah melakukan penggantian rel sepanjang 10 ribu meter pada jalur Hulu dan Hilir.

Selain itu, penggantian Wesel sebanyak 21 unit wesel pada 14 stasiun dan penggantian bantalan beton seribu batang.

Proses perbaikan itu akan dilakukan saat tidak ada kereta yang melintas untuk menghindari dampak operasional perjalanan kereta api.

“Namun, tentu saja tetap akan ada hal-hal yang tidak nyaman seperti, adanya keterlambatan perjalanan kereta api. Untuk itu, kami mohon maaf jika itu terjadi,” ungkap Rokhmad.

Selama masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, dari sisi sarana, Daop 3 Cirebon menyiapkan armada sarana yang andal dan siap operasi baik lokomotif maupun kereta.

Untuk lokomotif, disiapkan 10 lokomotif seri CC206 dan empat lokomotif seri CC201. Sedangkan untuk kereta ada 59 armada kereta dengan.

BACA JUGA:  Promo Ramadan Festive, Tiket KA Kini Makin Murah

Rinciannya, sebanyak 26 kereta eksekutif, 12 kereta bisnis, 12 kereta ekonomi, enam kereta makan kelas 1 dan enam kereta pembangkit serta satu kereta bagasi.

Untuk perawatan sarana, baik lokomotif maupun kereta, dilakukan secara periodik berdasarkan masa pakai. Dari perawatan harian (Daily Check), perawatan satu bulan (P1), perawatan 3 bulan (P3), perawatan 6 bulan (P6), perawatan 12 bulan (P12) hingga perawatan 24 bulan (P24) dilakukan di Depo Lokomotif dan Depo Kereta.

“Untuk perawatan 24 bulan sendiri dilakukan di Balai Yasa Lokomotif Yogyakarta dan Balai Yasa Manggarai. Seluruh sarana yang ada di Daop 3 Cirebon pada saat angkutan Nataru 2024 harus siap operasi semuanya,” ujar Rokhmad.

Selain dari kesiapan sarana dan prasarana, Daop 3 Cirebon memastikan fasilitas layanan di stasiun wilayah Daop 3 dan dalam perjalanan KA memenuh standar pelayanan minimum yang ditetapkan pemerintah dengan melakukan ramp check bersama Tim Drektorat Jenderal Perkeretapian (DJKA ) Kemenhub.

Tim ramp check melakukan pemeriksaan pada fasilitas keselamatan dan keamanan, kesehatan, informasi, serta penunjang lainnya.

Fasilitas keselamatan dan keamanan yang dimaksud misalnya, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), petunjuk jalur evakuasi, titik kumpul, nomor darurat, dan lainnya. Kemudian, fasilitas kesehatan yang dicek seperti P3K, kursi roda, hingga tandu.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti ruang tunggu, toilet, dan musala juga diperiksa. Fasilitas informasi yang ada, seperti jadwal kereta api, denah stasiun, dan peta jaringan KA, juga tidak luput dari pemeriksaan.

Selanjutnya, untuk pemeriksaan di dalam KA mencakup pemeriksaan fasilitas keselamatan seperti APAR, rem darurat, jalur evakuasi, alat pemecah kaca, serta kamera pengintai.

Fasilitas kesehatan, seperti P3K dan informasi penting seperti nomor telepon kondektur dan petugas keamanan, juga diperiksa untuk memastikan layanan berjalan dengan baik.

BACA JUGA:  Tiket KA Tambahan Lebaran Bisa Dipesan Mulai 13 Maret

“Ramp check diselenggarakan untuk memastikan layanan kereta api di Daop 3 Cirebon berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah,” ungkap Rokhmad.

Melalui berbagai peningkatan layanand serta kesiapan sarana dan prasarana itu, KAI berkomitmen menjadikan perjalanan kereta api pada momen Nataru 2024/2025 sebagai pilihan transportasi terbaik.

“KAI berkomitmen memberikan pelayanan prima dan menghadirkan transportasi yang aman, nyaman, serta berkelanjutan,” pungkas Rokhmad. (Haris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *