Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon menyediakan 23.404 tiket kereta api untuk menyambut libur panjang akhir pekan bertepatan dengan Hari Raya Waisak yang jatuh pada minggu kedua Mei 2025.
Jumlah tersebut merupakan total tiket untuk keberangkatan kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon pada periode 9–13 Mei 2025.
“Selama libur Hari Raya Waisak, setiap harinya tersedia 4.358 tempat duduk yang dapat dipesan untuk kereta api yang berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon menuju berbagai kota tujuan,” ujar Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Kamis (8/5/2025).
Ia menjelaskan, terdapat 129 perjalanan kereta api penumpang yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon setiap hari selama masa liburan tersebut.
Selain itu, pihaknya mengoperasikan delapan perjalanan kereta api reguler dan satu kereta api tambahan guna mengakomodasi tingginya minat masyarakat bepergian pada periode tersebut.
Daop 3 mengoptimalkan formasi rangkaian kereta untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menjalankan dua perjalanan KA Gunung Jati, dua KA Cakrabuana, satu KA Ranggajati, dan tiga perjalanan KA Kaligung.
“Selain itu, karena libur panjang akhir pekan merupakan momen berharga masyarakat untuk bepergian bersama keluarga, KAI Daop 3 Cirebon juga menambah perjalanan KA Cirebon Fakultatif rute Cirebon–Gambir guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada 11–13 Mei 2025,” katanya.
Adapun rute yang tersedia, antara lain, KA Gunung Jati dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Cirebon-Gambir, KA Cakrabuana relasi Purwokerto-Cirebon-Gambir, KA Ranggajati relasi Cirebon–Jember, serta KA Kaligung yang melayani dua relasi, yakni Cirebon Prujakan-Semarang Poncol dan Brebes-Semarang Poncol. Sementara KA Cirebon Fakultatif melayani rute Cirebon-Gambir.
Masyarakat diimbau merencanakan perjalanan dengan kereta api sejak jauh hari agar dapat memilih kereta dan jadwal keberangkatan sesuai keinginan serta menghindari kehabisan tiket.
Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi penjualan yang bekerja sama dengan KAI.
KAI Daop 3 Cirebon juga memastikan kesiapan layanan dan fasilitas penunjang untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para pengguna jasa.
“KAI berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari cerita perjalanan masyarakat Indonesia. Dengan layanan yang terus ditingkatkan, kami ingin setiap perjalanan bersama KAI bukan hanya nyaman, tapi juga penuh kesan,” tutup Muhibbuddin. (Haris)