oleh

Sah! Pimpinan Definitif DPRD Kota Cirebon Dilantik

Citrust.id – DPRD Kota Cirebon menggelar rapat paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kota Cirebon masa jabatan 2019-2024 di ruang rapat utama Griya Sawala, Kamis (26/9).

Paripurna tersebut, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 170/Kep.754-Pemksm/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cirebon Masa Jabatan Tahun 2019-2024.

Susunan tiga nama pimpinan DPRD Kota Cirebon, diisi Affiati AMa sebagai ketua DPRD, sedangkan dua wakil ketua diisi oleh Fitria Pamungkaswati dan Mohamad Handarujati Kalamullah SSos. Pengucapan sumpah jabatan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kota Cirebon, Edi Junaedi SH MH.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati AMa menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung. Menjabat sebagai pimpinan DPRD merupakan amanah yang harus ditunaikan dengan penuh rasa tanggungjawab serta dilandasi dengan  profesionalitas dan proporsionalitas.

“Dalam konteks otonomi daerah dewasa ini, eksistensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan,” ujarnya.

Affiati juga mengatakan, selain sebagai representase rakyat, DPRD juga merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Tentu saja harus memperlihatkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang DPRD yang diberikan atau digariskan oleh peraturan perundang-undangan,” katanya.

Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH menyambut baik atas terbentuknya pimpinan definitif DPRD Kota Cirebon. Sebab, dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, pimpinan DPRD merupakan penghubung antara Pemerintah Daerah dan DPRD melalui mekanisme konsultasi.

“DPRD dan Pemerintah Daerah Kota Cirebon merupakan mitra yang sejajar. Tentu perlu juga dukungan, harmonisasi, dan sinergisitas dari segenap komponen termasuk masyarakat,” ujarnya.

Azis juga berharap agar DPRD membantu mengawasi kinerja pemerintah daerah. “Memohon dengan segala hormat, cegah, awasi dan perbaiki kami selama melaksanakan tugas membangun Kota Cirebon,” harapnya. (Aming/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed