oleh

Ribuan Pelajar Ikut Lomba Ketangkasan ke-3 Pramuka Saka Wira Kartika 2014

KUNINGAN (CT) – Sebanyak 2.225 siswa sekolah mengikuti lomba Ketangkasan ke-3 Pramuka Saka Wira Kartika, yang diselenggarakan oleh Kodim 0615/Kuningan, di Makodim setempat, Minggu (21/12). Kegiatan yang berlangsungan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2014, terususun di Lombakan tingkat SMA, SMP, SD/MI se-wilayah III Cirebon yang diselenggarakan selama dua hari. Mata lomba yang di ikutkan seperti, lomba tata upacara bendera, skoting skill, fotografi, paduan suara, PBB tongkat, lomba lintas alam.

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Dindin Kamaludin, menyampaikan, Saka Wira Kartika Pramuka merupakan saka rintisan, kerjasama kwarnas pramuka dan TNI AD dalam hal pendidikan bela negara dan kepramukaan melalui lima program kegiatan (krida). Yaitu krida survival, krida pionering, (perintis) krida mountainaring, krida navigasi darat dan krida penanggulangan bencana alam.

“Saka Wira Kartika Kodim 0615/Kuningan sebagai bagian integral dari gerkan pramuka, yang dibina oleh Kodim 0615/Kuningan, merupakan wadah bagi kaum muda sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjungjung tinggi nilai luhur bangsa dan trtap menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu,kader-kader saka wira kartika diharapkan senantiasa berupaya untuk meningkatkan pengetahuna dna keterampilan yang berguna bagi anggotanya, bangsa dan negara khususnya yang berkaitan dengan bela negara,” harap Dandim.

Sasaran yang ingin dicapai, Dindin menuturkan, mewujudkan generasi muda yang memiliki kepribadian pancasila, memiliki fisik, mental dan kepribadian yang tangguh, dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif, serta memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran bela negara. “Saya mengajak kepada para peserta untuk meningkatkan keterampilan dasar-dasar kepramukaan, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, kepemimpinan dan menumbuh semangat persatuan dan kesatuan.,” tuturnya. (CT-111)

BACA JUGA:   Komisi II DPRD Kota Cirebon Pertanyakan Konsep Cirebon Bersih DLH

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed