oleh

Rakit Robot, NASA Pakai HoloLens Microsoft untuk Mars

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tim NASA di Jet Propulsion Laboratory (JPL) kini merencanakan desain robot untuk misi Mars selanjutnya memanfaatkan teknologi yang mengkolaborasikan realitas di dunia nyata dengan virtual pada kacamata pintar (headset) HoloLens dari Microsoft.

Selama ini NASA telah bekerjasama dengan Microsoft untuk membantu para ilmuwan mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan misi Mars menggunakan headset pintar HoloLens.

Nah, kali ini tim teknisi di JPL mulai memanfaatkan HoloLens dalam perencanaan perakitan pesawat robotika ataupun perangkat robot teranyar yang bakal bertugas menjelajah Mars di masa depan.

NASA menggunakan HoloLens untuk memanfaatkan penglihatan dalam skala tiga dimensi (3D) khususnya dalam mendesain pesawat robotika itu. Sejak tahun lalu, data ilmiah yang berhasil diperoleh Curiosity ataupun MRO ditampilkan di headset HoloLens agar tim ilmuwan bisa betul-betul melakukan penelitian secara nyata dan menyeluruh.

HoloLens juga sudah pernah dicobakan oleh mantan astronaut Scott Kelly yang beberapa bulan lalu tengah menjalani misi One-Year Mission di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS). (Net/CT)

BACA JUGA:   Pohon Tumbang Tutup Jalan Protokol

Komentar

News Feed