oleh

Puncak Mudik Pantura Dikepung Macet, Polisi Pecah Arus

Cirebontrust.com – Puncak arus mudik yang diprediksi jatuh Jumat malam (23/06), membuat jalur arteri pantura mulai dikepung kemacetan. Kepadatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah titik jalur arteri pantura hingga perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah.

Penumpukan kendaraan disejumlah titik membuat polisi kewalahan, hingga akhirnya memberlakukan skenario memecah arus dengan mengalihkan sebagain pemudik memutar area check point di Pasar Batik Weru.

Penumpukan kendaraan pemudik terjadi di sejumlah titik mulai dari wilayah pantura Susukan, pertigaan Palimanan, hingga simpul kemacetan di wilayah Weru Kabupaten Cirebon. Volume kendaraan terus meningkat menjelang sore hari hingga mengakibatkan kemacetan panjang. Pemudik dari arah jakarta harus berjalan merayap sesekali terhenti.

Melihat penumpukan kendaraan di sejumlah titik ini, aparat kepolisian dari Polres Cirebon, akhirnya memberlakukan skenario memecah arus untuk mengurangi kepadatan pemudik. Sebagian pemudik dari arah Jakarta dialihkan masuk ke area check point dan kembali memutar arah melalui jalur arteri.

Skenario memecah arus ini sempat menyebabkan antrian panjang di area check point. Pemudik disarankan untuk beristirahat sambil menunggu berkurangnya kepadatan arus lalu lintas pemudik di jalur arteri antara Palimanan-Weru hingga Kedawung.

“Skenario ini diberlakukan kondisional hingga kepadatan arus mudik bisa diurai. Ada kalanya kondisi tertentu kita buka sedikit rekayasa. Kita belokan sedikit nanti kita lepas lagi tapi tidak permanen. Jika arusnya sudah stag maka kita alihkan secar situasional,” kata Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra di area check point Weru.

Sementara itu, skenario juga diberlakukan di jalu tol Palimanan, saat jalur Pejagan-Brebes betul-betul padat. “Termasuk juga di tol misalnya Brebes-Exit padat, nanti di Palimanan kita buka 10 pintu arteri, di tol dikurangi jadi 15, untuk memperlambat saja,” katanya.

Personel kepolisian dari Polres Cirebon terus disiagakan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas disejumlah titik. Volume pemudik dari arah Jakarta Jumat sore ini meningkat tajam dibandingkan siang tadi dan akan terus meningkat mengingat puncak arus mudik 2017 ini diperkirakan terjadi Jumat malam nanti. (CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed