oleh

Puluhan Editor Ikuti Pelatihan Strategi Pemberitaan TBC

Citrust.id – Puluhan editor dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dan DKI ikuti pelatihan strategi pemberitaan Tuberkulosis (TBC), Kamis (19/5/2022), di salah satu hotel di Jalan Setiabudi, Bandung.

Puluhan editor tersebut ikuti pelatihan strategi pemberitaan TBC yang digelar Stop TB Partnership Indonesia (STPI) melalui Yayasan Pesona Jakarta.

Sebanyak 75 persen pasien TBC adalah
kelompok usia produktif, 15-54 tahun. Lebih dari 25 persen pasien TBC dan 50 persen pasien TBC resisten obat, berisiko kehilangan pekerjaan mereka karena penyakit itu.

Pelatihan tersebut sebagai upaya peningkatan kapasitas editor media dalam publikasi TBC. Dengan demikian, publikasi dapat memberikan informasi yang tepat untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang TBC. Di samping itu, mendukung percepatan capaian program penanggulangan TBC.

“Kegiatan ini untuk menggaet teman-teman media agar pemberitaan TBC menjadi masif, karena dua tahun terakhir kalah oleh berita pandemi Covid-19,” kata narasumber Philips Artha.

Artha mengatakan, media online sekarang menjadi nomor satu mengalahkan media cetak. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitas dan wawasan jurnalis dalam pemberitaan TBC.

“Data tentang TBC bisa dapat dari Dinas Kesehatan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Strategi selanjutnya adalah monitoring dan evaluasi terhadap pemberitaan reporter,” ujar Philips Artha.

Narasumber lain, Nenden Siti Aminah, memberikan materi tentang perilaku pasien dan masyarakat serta layanan TBC sehari-hari. (Abduh)

Komentar