Citrust.id – Selama Januari hingga Oktober 2024, PT KAI Daop 3 Cirebon sudah melayani 32.131 peserta edutrain dari berbagai sekolah tingkat TK dan SD.
Angka itu meningkat 24.623 peserta atau 30,49 persen dibandingkan periode sama pada 2023 yang melayani 7.508 peserta edutrain.
PT KAI Daop 3 Cirebon berperan proaktif dalam komitmen global dan nasional,terkait pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs).
Oleh karena itu, untuk mendukung bidang pendidikan berkualitas, PT KAI Daop 3 Cirebon menyelenggarakan Program Edutrain. Program Edutrain yang diadakan Daop 3 antara lain dari Stasiun Cirebon Prujakan menuju Tegal/Brebes PP menggunakan KA Kaligung dan Argo Cheribon
Kemudian, dari Cirebon Prujakan menuju ke Pekalongan menggunakan KA Kaligung, serta dari Stasiun Cirebon menuju ke Purwokerto menggunakan KA Ranggajati.
Edutrain adalah metode pembelajaran dengan mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas guna mengenal lingkungan baru yaitu stasiun dan kereta api.
“Mereka sekaligus belajar seluk beluk perkeretaapian dan menawarkan pengalaman yang menarik dengan naik Kereta Api,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul
Selain naik KA, peserta edutrain juga diberikan edukasi terkait perkeretapaian, di antaranya tata cara naik kereta api, fasilitas dan teknologi kereta api, profesi-profesi di PT KAI.
Selain itu, larangan yang tidak boleh dilakukan selama naik kereta api dan kemudahan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI.
Produk dan layanan KAI serta sosialisasi keselamatan agar tidak bermain di sekitar jalur KA dan tidak melakukan vandalisme melempar KA.
Untuk semakin menambah minat peserta edutrain, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menawarkan paket edutrain dengan memberikan menu makanan sehat bagi peserta berupa susu dan snack.
Untuk informasi lebih lanjut terkait paket edutrain dapat menghubungi Tim Marketing Edutrain Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daaop 3 Cirebon pada nomor +62 811-2021-0003.
“Edutrain ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap transportasi KA, selain sebagai komitmen KAI dalam menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan pelanggan, termasuk pelanggan anak-anak dengan menyediakan sarana transportasi yang selamat, aman dan nyaman, serta ramah bagi anak-anak,” pungkas Rokhmad. (Haris)