oleh

Penderita HIV/AIDS, Dwi Hariyanto: Cukup Saya, Jangan Ada Korban Lain!

Cirebontrust.com – Dwi Hariyanto, pria kelahiran Kendal, 29 Januari 1995 yang mengidap virus HIV/AIDS mengimbau agar masyarakat mengindari pergaulan bebas.

Dirinya mengatakan hal tersebut, lantaran penyebab dirinya mengidap virus tersebut disebabkan karena oleh pergaulan bebas. Dwi menceritakan pengalamannya saat memperingati hari HIV/AIDS di Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, Kamis (01/12).

Dwi menceritakan, pada tahun 2010 silam, saat menginjak kelas 2 SMP dirinya terjerumus pergaulan bebas. Kondisi ekonomi yang terbilang kurang, dilampiaskan Dwi untuk terjun ke pergaulan bebas. Beberapa tahun berjalan, pada tahun 2013 muncul keanehan pada dirinya. Meskipun ragu, namun akhirnya Dwi memberanikan diri untuk cek VCT, ternyata hasilnya positif HIV dan AIDS.

“Saya masih ingat, saat itu tanggal 21 Mei 2013, saya cek VCT di Puskesmas ternyata hasilnya positif HIV,” ujarnya.

Setelah diketahui positif HIV, Dwi pun menceritakan kepada keluarganya. Sontak keluarga pun shock dan bingung mengetahui anaknya positif HIV. Dwi lantas bergabung dengan komunitas Kelompok Dukungan Sebaya, yang sebagian besarnya pernah mengidap virus tersebut.

“Setelah konsultasi, saya melakukan pengobatan ARV rutin, hingga akhirnya saya menjadi kader Kesehatan di Kabupaten Kendal,” katanya.

Dwi pun berpesan untuk menjauhi pergaulan bebas agar terhindar virus tersebut. Dwi pun berpesan jika sudah positif HIV, maka jangan takut untuk menceritakan kepada orang terdekat, termasuk keluarga.

“Pesan saya, apapun penyakit yang kita derita, ceritakan kepada orang tua. Sekarang kondisi saya saat ini merasa sehat, bahkan benar-benar sehat setelah rutin minum obat ARV dua kali sehari,” tambahnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Polsek Kasokandel Dukung Program Lapangan Pasis TNI AD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed