oleh

Penasehat Ahli Kaporli Bicara Pengawasan Pilkada Secara Partisipatif

Citrust.id – Penasehat Ahli Kapolri, Hendardi mengajak masyarakat untuk melakukan pengawasan Pilkada secara partisipatif.

Hendardi mengatakan partisipasi masyarakat dalam mengawasi atau memantau proses politik elektoral sangat penting. Menurutnya pengawasan pilkada secara partisipatif juga bisa mengurangi pelanggaran dalam pilkada.

“Ada beberapa partispssi masyarakat yang bisa digerakan untuk mengawasi atau memantau pilkada,” kata Hendardi pada seminar bertema ‘Pengawasan Partisipatif Masyarakat Dalam Mengawal Pilkada 2018 mendatang di hotel Apita, Senin (20/11).

Hendardi mengatakan, ada beberapa poin yang bisa dilakukan masyarakat untuk partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Menurutnya harus ada pihak yang menggerakkan masyarakat agar bersedia dan bekomitmen untuk melakukan pengawasan.

“Pihak ini bisa suatu lembaga atau organisasi yang berminat dan berkepentingan dengan proses Pilkada yang demokratis, jujur dan adil,” katanya.

Selain itu Hendardi menambahkan, dalam upaya meningkatkan lebih banyak lagi partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pilkada, komunikasi dengan masyarakat di berbagai tingkatakan dapat dilakukan. Berbagai bentuk sosialisasi yang menekankan pentingnya partisipasi masyarakat, bisa ditargetkan sampai tingkat Kelurahan/ Desa.

“Sehingga sosialisasi ini diharapkan bisa melaporkan berbagai pelanggaran di wilayahnya,” imbuhnya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed