oleh

Pemkab Majalengka Dorong Pengembangan Wirausaha Perempuan

Citrust.id – Guna meningkatkan kesadaran dan kualitas perempuan dalam menggairahkan gerakan koperasi di Kabupaten Majalengka, Kementerian Koperasi dan UMKM gelar diskusi Perempuan Wirausaha dan Wirausaha dalam Pembangunan, Jumat (9/10).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kabupaten Majalengka, Sadili, mengatakan, saat ini di Kabupaten Majalengka terdapat 600 lebih koperasi. Sebanyak 120 koperasi di antaranya masih aktif.

“Banyaknya koperasi yang sudah tidak aktif membuat Pemerintah Kabupaten Majalengka membuat langkah konkret dalam penanganan dan bangkitnya koperasi, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dalam proses peningkatan perekonomian tersebut, Sadili berharap, FGD itu mampu memberikan rangsangan dalam membangkitkan kembali koperasi di Majalengka.

“Saat ini, ada 31 koperasi wanita baru yang nantinya difasilitasi Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam pembentukan badan hukumnya,” ungkapnya.

Pengembangan wirausaha di Majalengka, khususnya perempuan, selama ini telah dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan KUKM, salah satunya yaitu kegiatan pelatihan wirausaha pembuatan peci.

Sementara itu, salah satu narasumber dari Ikopin, Dadan Irawan, menjelaskan, peranan perempuan sangat penting dalam sebuah aktivitas, khususnya dalam menggerakan koperasi.

“Koperasi yang dikelola wanita biasanya akan berkembang karena tumbuh kekompakan dan kebersamaan,” tandasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Ini Pesan Penting Sekda untuk ASN Pemkot Hadapi Long Weekend Akhir Oktober

Komentar

News Feed