oleh

Pemda Kota Cirebon Serius Tangani Persoalan Sampah

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melakukan berbagai terobosan dalam menghadapi persoalan sampah untuk mewujudkan Cirebon bersih, sehat dan hijau.

Salah satu terobosan yang dilakukan adalah penerapan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) mobile di sejumlah kelurahan.

Pada sosialisasi pengolahan sampah 17 RW Kelurahan Pegambiran, Wakil Wali Kota, Eti Herawati, menyampaikan, saat ini, TPS Mobile dilaksanakan di Kesambi. Jika efektif dan tepat guna, TPS Mobile akan diterapkan secara luas di Kota Cirebon.

Eti mengatakan, pihaknya masih mengkaji lebih jauh penerapan TPS Mobile, terutama terkait keberadaan alat angkut. Pemerintah Daerah Kota Cirebon pun tengah mengkaji pendelegasian kewenangan pengelolaan sampah hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kami sedang mencari sistem terbaik yang dapat memecahkan persoalan sampah. Langkah terpenting adalah edukasi ke masyarakat terkait pengelolaan sampah yang baik,” ujar Eti, Senin (15/7/2019) malam.

Ia menambahkan, persoalan sampah di Kota Cirebon dapat diatasi bila melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat dan pengusaha.

“Kami sudah mengajak hampir seluruh perusahaan untuk meningkatkan peran menjaga lingkungan, termasuk pengelolaan sampah,” terang Eti. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed