oleh

Pelajar Indonesia Sabet Medali Emas IEYI di Tiongkok

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Lima pelajar Indonesia berhasil meraih emas dan special awards di ajang bergengsi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang digelar di Harbin, Tiongkok, pada 15-20 Juli 2016.

Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono mengaku, bahwa gembira atas capaian para peneliti remaja Indonesia yang merupakan binaan kompetisi ilmiah LIPI dengan tiga karya ilmiahnya berhasil menyabet satu medali emas, satu medali perak, dan sejumlah Special Award.

Sebelum keberangkatan mereka, Siti mengungkapkan, LIPI memberikan bimbingan dan arahan agar peserta memeroleh gambaran tentang kompetisi tersebut. Lebih lanjut Siti mengatakan keberhasilan lima pelajar itu menjadi indikator peningkatan kualitas peneliti remaja di Indonesia.

Medali emas diraih atas karya inovasi berjudul D-box CC (Detector Box for CO and CO2) yang merupakan karya Aan Aria Nanda dan Feriawan Tan dari SMA Negeri 1 Tarakan, Kalimantan Utara. Keunggulan alat ini mampu mendeteksi kadar kandungan gas CO dan CO2 yang berbahaya bagi manusia. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kader Muda Pengawas Pemilu Timba Ilmu di PWI

Komentar

News Feed