oleh

Pandemi Tak Jadi Penghalang Pemkot Cirebon Pertahankan UHC

Citrust.id – Pemerintah Kota Cirebon pertahankan pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk tahun 2021. Kepastian tersebut dicapai setelah Pemerintah Kota Cirebon kembali memperoleh penghargaan dari BPJS Kesehatan, Selasa (16/2). Penghargaan tersebut diperoleh setelah kepesertaan Program JKN-KIS di wilayah Kota Cirebon berada di angka 97,65 persen dari total jumlah penduduk.

Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan, Fachrurrazi, pada Pertemuan Forum Perangkat Daerah Kota Cirebon menjelaskan, Kota Cirebon merupakan daerah pertama di Propinsi Jawa Barat yang telah mencapai cakupan kesehatan semesta sejak tahun 2017. Ia juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi Pemerintah Kota Cirebon yang telah menggerakkan warganya menjadi peserta JKN-KIS.

“Terwujudnya Universal Health Coverage menunjukkan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kota Cirebon untuk dapat terus memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk di Kota Cirebon sesuai dengan segmentasinya,” ujar Fachrurrazi.

Senada dengan Fachrurrazi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat, menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Kota Cirebon yang telah membantu mewujudkan cita-cita negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warganya. Nopi berharap, kemitraan yang terjalin dapat semakin menyejahterakan penduduk di bidang kesehatan, khususnya penduduk Kota Cirebon.

“Sampai dengan saat ini, sebanyak 333.703 penduduk Kota Cirebon telah memiliki jaminan kesehatan serta terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Kami mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Cirebon terhadap program JKN-KIS,” ungkap Nopi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, menyampaikan ucapan syukur karena seluruh penduduk Kota Cirebon telah memiliki jaminan kesehatan. Dengan adanya gotong royong dari semua pihak, Eti berharap, jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk di Kota Cirebon dapat terlaksana.

Meski telah mencapai cakupan kesehatan semesta, Eti berharap seluruh penduduk Kota Cirebon dapat tetap menjaga pola hidup yang sehat sehingga terhindar dari sakit, terutama pada saat pandemi seperti saat ini.

“Pemerintah Kota Cirebon berkomitmen untuk dapat mencapai 100 persen kepesertaan JKN-KIS sebagai upaya mewujudkan Kota Cirebon Sehati, yakni Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif, dengan memberikan jaminan kesehatan yang bermutu dan berkeadilan untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” pungkas Eti. (Haris)

 

Komentar

News Feed