oleh

Pada Jaring Laba-Laba Ilmuwan Temukan Sifat Suara

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tim ilmuwan telah mengungkap hal baru dari kehidupan laba-laba. Sekelompok peneliti dari Rice University menjumpai adanya sifat suara pada struktur mikro jaring laba-laba.

Para peneliti memelajari bagaimana jaring laba-laba bisa mengirimkan fonon, vibrasi atom kolektif pada frekuensi tertentu. Ternyata, jaring laba-laba memiliki sesuatu yang disebut celah pita fonon yang mampu memblok frekuensi tertentu dari gelombang.

Penemuan baru ini disebut menjanjikan karena bisa mengarah pada pengembangan material dan bahan sintetis baru di masa depan. Manusia bisa mengembangkan struktur dasar yang sama untuk membuat bahan-bahan isolasi termal dan suara atau diatur untuk mencapai frekuensi tertentu.

Jaring laba-laba bisa meredam frekuensi secara spesifik sehingga hanya suara tertentu yang ditangkap laba-laba. Jaring laba-laba juga dapat mengatasi sinyal yang mengganggu, termasuk gelombang panas dan fonon hipersonik.

Meski begitu, para peneliti belum yakin apa yang dilakukan laba-laba dengan sifat suara jaringnya itu. Penelitian lain di masa depan diharapkan akan semakin menggali temuan berikutnya.

Mereka percaya sifat jaring menyesuaikan suara yang diterima sehingga dipahami hewan invertebrata berbuku-buku alias arthropoda itu. Sifat suara struktur jaring laba-laba diduga memberikan informasi tentang kondisi lingkungan atau mangsa yang tertangkap. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ratusan Orang Open Mic Mentertawakan Majalengka

Komentar

News Feed