oleh

Orangtua, Ajari Anak Mengenal Emosinya dengan Tepat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Psikolog Saskia Rosita Panggabean mengatakan, bahwa ada empat emosi dasar yang harus dikuasai anak, yaitu senang, sedih, marah, dan takut. Jangan abaikan emosi yang muncul pada anak-anak. Orangtua perlu mengajari anak mengenal emosinya. Karena ada emosi positif dan negatif.

Menurutnya, tahap awal, anak bisa dikenalkan dengan macam-macam emosi, kemudian dilatih untuk mengidentifikasi emosi. Misalnya, orangtua bisa bertanya pada anak bagaimana perasaannya saat ini.

Ketika anak mengekspresikan marah atau sedih juga bisa ditanyakan langsung apa perasaannya. Jika anak sudah mengungkapkan emosinya, mulai ditanyakan mengapa muncul emosi tersebut.

Pada anak yang masih usia playgroup, pengenalan macam-macam emosi bisa berupa gambar. Sebelum usia sekolah, orangtua pun bisa sekaligus mengajari cara mengontrol emosi. Anak juga bisa diberitahu dampaknya kepada orang lain, jika meluapkan emosi marah yang berlebihan.

Jika sudah dikenalkan dengan emosi, anak lebih bisa mengontrol emosinya di kemudian hari. Dengan mengenali emosinya sendiri, anak pun bisa memahami emosi orang lain, termasuk orangtuanya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pelantikan Presiden Lancar, Tokoh Agama Apresiasi TNI dan Polri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed