oleh

Olahan Gedong Gincu Khas UMKM Sidamukti Siap Mendunia

Citrust.id – Kabupaten Majalengka merupakan salah satu daerah dengan penugasan Patriot Desa yang digagas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Tugas utama Patriot Desa adalah mampu memajukan dan mengembangkan potensi desa dari berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah di Desa Sidamukti.

Salah satu Patriot Desa Sidamukti, Hamzah Badrutamam, mengatakan patriot desa fokus menggali potensi desa. Misal, mengembangkan UMKM hasil bumi Desa Sidamukti, yakni buah mangga gedong gincu. Berbagai olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar gedong gincu di antaranya es krim, mangga, sistik, bakpia, kerupuk mangga, dan cake mangga. Masih banyak olahan gedong gincu yang bisa dijadikan oleh-oleh makanan khas Majalengka.

“Desa Sidamukti adalah daerah yang cocok untuk ditanami pohon mangga. Hampir seluruh penduduknya bertani mangga. Ini menjadi motivasi Patriot Desa untuk mengembangkan potensi masyarakat dan SDA-nya,” kata Hamzah, Rabu (15/12).

Hamzah mengatakan, setiap desa mempunyai potensi yang berbeda sesuai dengan keadaan lingkungan alamnya masing-masing. Seperti di Desa Sidamukti yang sebetulnya mempunyai potensi tanaman mangga bernilai ekonomi tinggi.

“Hal yang prinsipil bagi warga desa adalah soal sejahtera ekonomi. Yang terpenting adalah kita bisa mengembangkan potensi desa. Ini bukan hanya tugas Patriot Desa, tetapinjuga leading sektor pemerintahan dan pemangku kebijakan. Sampai saat saat ini, saya terus mengawal UMKM di Desa Sidamukti. Saya yakin olahan gedong gincu khas Sidamukti ini bisa mendunia,” Hamzah.

Ia menjelaskan, pembinaan pengolahan hasil bumi menjadi suatu produk yang bernilai ekonomi tinggi dapat menciptakan masyarakat yang berdaya. Mereka mampu memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya sebagai wahana menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi kehidupan sosial dan ekonomi.

“Dengan engajak masyarakat desa untuk berdaya kreatif produktif, tak lain agar masyarakat desa mampu berwirausaha secara mandiri dan tidak bergantung pada siapapun,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidamukti, Karwan, sangat berterima kasih atas program dan pembinaan yang dihadirkan Patriot Desa. Mereka membantu masyarakat untuk menggali potensi yang ada di Desa Sidamukti.

“Saya beserta perangkat desa sangat terbantu dengan adanya Patriot Desa. Kehadirannya bisa menginspirasi masyarakat desa untuk mau kreatif, produktif, mampu berdaya dalam membangun desa serta berdikari di tanah kelahirannya sendiri,” ungkapnya.

Pihaknya sangat mendukung program Patriot Desa. Mereka akan memfasilitasi kegiatan dengan memerintahkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangkat desa, RW, sampai RT untuk mengerahkan warganya, ikut serta berdaya bersama patriot desa. Program itu sangat bermanfaat, terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Harapan saya, produk lokal desa kami akan mampu berdaya saing menjadi oleh-oleh khas Majalengka yang mendunia. Membawa nama Majalengka dan Sidamukti dan tentunya mampu mensejahterakan warga kami,” ucap Kuwu Karwan.

Selain itu, lanjut dia, pemuda dan masyarakat didorong untuk lebih aktif dalam membangun dan memajukan desa. Kuncinya adalah kreativitas dan inovasi.

“Harus ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat membangun gotong-royong dan pemerintah memfasilitasi. Segala potensi yang ada seyogyanya mendapatkan dukungan dari seluruh element. Semangat gotong royong bersama bersinergi untuk berdaya mandiri dan sejahtera di desa sendiri,” pungkasnya. (Abduh)

Komentar