Citrust.id – Pada masa libur Nataru 2024/2025, KAI Daop Cirebon kembali memberikan apresiasi kepada masyarakat pengguna jasa transportasi KA yang berada di Stasiun Cirebon, Jumat (3/1/2025).
Sejumlah pekerja KAI yang merupakan insan Millenial KAI menyelenggarakan kegiatan bakti sosial peduli kelestarian lingkungan. Merrka juga berbagi dengan masyarakat sekitar dan pengguna jasa KA di Stasiun Cirebon.
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, mengatakan, bakti sosial itu merupakan bagian dari upaya KAI untuk memberikan kontribusi positif kepada pengguna jasa KA, masyarakat dan seluruh pekerja.
KAI terus berkomitmen membawa inovasi dan transformasi untuk memberikan pelayanan dan manfaat besar bagi masyarakat. Milenial KAI sekaligus berperan sebagai change agent KAI.
Change agent KAI bertujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan sehingga terintegrasi dan tercermin dalam setiap kegiatan perusahaan serta perilaku setiap pekerja.
Dalam kegiatan baksos yang dilaksanakan, para Millenial KAI turut membagikan 150 tumbler kepada pengguna jasa KA yang ada di Stasiun Cirebon.
Hal itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan atau Environment Social Government (ESG). Salah satu wujud kepedulian lingkungan adalah penggunaan tumbler nonplastik yang dapat membantu mengurangi sampah plastik baik di lingkungan stasiun maupun di dalam kereta.
Pada kesempatan tersebut, Millenial KAI mengajak pengguna jasa KA terbiasa membawa botol isi ulang atau tumbler nonplastik kemanapun untuk mengurangi penggunaan sampah plastik yang sulit terurai.
KAI Daop 3 Cirebon juga menyiapkan water station di stasiun yang dapat dimanfaatkan para pengguna jasa untuk mengisi ulang air minum selama di stasiun saat hendak menikmati layanan kereta api.
Adam, salah satu Millenial KAI, menjelaskan, baksos KAI tidak hanya menyasar pada kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga kepedulian terhadap sesama.
Millenial KAI juga membagikan 100 bungkus snack dan nasi kotak ukepada porter, para penumpang serta masyarakat di lingkungan sekitar stasiun yang membutuhkan.
“Pada momen ini, saya mewakili teman-teman millennial KAI ingin mengucapkan terima kasih kepada KAI sebagai bentuk pengabdian selama 16 tahun bertugas sebagai pekerja KAI. Semoga melalui baksos ini, memberikan manfaat untuk masyarakat dan ladang pahala bagi pekerja KAI,” ujar Adam.
Rohkmad menambahkan, KAI ingin membentuk generasi mudanya sebagai sosok yang tidak hanya berdampak baik bagi perusahaan tetapi juga membawa manfaat lebih bagi lingkungannya masing-masing.
“Jadi, tidak hanya berhubungan dengan dampak bisnis, tetapi juga dampak sosial,” tandas Rokhmad. (Haris)