oleh

Menuju Cirebon Metropolitan, Pembangunan Akan Tonjolkan Sisi Etnik

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Rencana Pemerintah Perovinsi Jawa Barat untuk membangun wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka (Cirebon Raya) menjadi kawasan metropolitan bukanlah isapan jempol belaka.

Pemprov Jabar rupanya serius membuat kawasan Cirebon Raya menjadi wilayah Metropolitan. Bahkan Pemprov dipastikan akan mengusung industrialisasi kebudayaan, menjadi pembangunan metropolitan untuk Cirebon Raya ke depan.

“Ini kan program pemprov, mereka mau Cirebon Raya menonjolkan sisi seni dan budayanya. Nah kita sudah usulkan bahwa setiap gerbang masuk Ciayumajakuning dipasang Candi Bentar yang khas Cirebon, agar masyarakat luas tahu, daerah Ciayumajakuning atau Cirebon Raya kental nuansa budayanya,” papar Kabid Fisik dan Lingkungan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cirebon, Arif Kurniawan, Rabu (03/02).

Bahkan, Pemerintah Kota Cirebon sendiri rencananya ingin menonjolkan sisi etnik dalam setiap pembangunan, yang khas dengan tari topengnya tersebut. Ke depan, minimal Candi Bentar bisa menjadi arsitektur wajib dalam setiap pembangunan gerbang di setiap gedung.

“Kita harus tonjolkan bahwa Candi Bentar, yang dari bata merah itu, merupakan produk budaya asli Cirebon, sehingga nuansa kota budayanya makin terasa,” terang Arif. (Wilda)

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Terancam Digugat Sengketa Penguasaan Lahan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed