oleh

Menjual Air Seni untuk Dijadikan Pupuk Tanaman

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ada bisnis baru di kawasan 25A di kota Lilongwe, Malawi dewasa ini yaitu, menjual air seni manusia yang digunakan untuk pupuk tanaman. Tiap hari orang membawa ember berisi air seni ke pasar.

Modesta Kamoto berusia 75 tahun mengatakan bahwa ia membelanjakan uangnya untuk membiayai sekolah dan makanan, sabun dan seragam sekolah untuk 10 cucunya yang yatim-piatu. Ia mengumpulkan air kencing tiap pagi dari wadah plastik yang digunakan keluarganya untuk membuang air kecil. Lalu ia menjualnya ke proyek “Urine for Wealth” atau “Air Seni untuk Menjadi Kaya”.

Air seni telah menjadi pupuk alami selama ribuan tahun, meskipun itu bukan fakta yang diketahui secara luas pada abad sekarang. Ahli pertanian Malawi, Goodfellow Phiri memulai proyek “Air Seni untuk Menjadi Kaya” itu 9 tahun lalu sebagai inisiatif keluarga kecil. Proyek itu tumbuh menjadi bisnis yang berkembang. Proyek ini adalah salah satu dari enam finalis pada Penghargaan Inovasi Sosial HIVOS di Amsterdam tahun 2014.

Ketika air seni dimasukkan dalam wadah kedap udara selama tujuh hari. Proses itu membunuh kuman dan bau, dan membuat cairan itu kaya nitrogen. Petani mengatakan, pupuk air kencing ini lebih murah dan lebih ramah lingkungan dibandingkan pupuk dari bahan kimia. (Net/CT)

Komentar

News Feed