oleh

Mata Gelap Mendadak Bisa Jadi Gejala Stroke Mata

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Katakanlah mata merupakan aset paling penting pada tubuh bagian kepala. Fungsinya yang paling penting adalah melihat sesuatu sehingga bisa direspons oleh otak dan menjadi sebuah pesan atau tindakan. Namun, sama halnya dengan otak, mata bisa mengalami stroke karena ada aliran darah yang tersumbat.

Stroke mata terjadi ketika ada penyumbatan pada arteri atau vena di retina, yang menyebabkan hilangnya penglihatan. dr Elvioza, SpM (K), Ketua Vitreoretina Service Jakarta Eye Center, mengatakan bahwa stroke mata biasanya tidak disertai gejala-gejala tertentu, tetapi penglihatan buram atau gelap secara tiba-tiba.

Tiba-tiba penglihatan hilang, hal itu umumnya tanpa disertai rasa sakit. Namun, kondisi ini sangat berbahaya. Jika tak segera ditangani, hal tersebut bisa menyebabkan kebutaan permanen.

Untuk mencegah terjadinya stroke mata, seseorang dengan faktor risiko sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter mata untuk mengetahui kesehatan matanya, termasuk kondisi retina mata.

Faktor risiko penyebab stroke mata antara lain adalah hipertensi, diabetes melitus, penyakit kardiovaskular, hiperkolesterol, kelainan darah, rokok, kontrasepsi hormonal, dan kehamilan. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ansor Majalengka Kembangkan Potensi Ekonomi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed