oleh

Lukisan Kaca Asli Cirebon

CIREBON (CT) –  Seni Lukisan Kaca Cirebon semakin berkembang dengan keragaman objek yang ditampilkan, objek Wayang dan objek Batikan makin mewarnai desain Lukisan Kaca Cirebon. Pada abad ke-19, lukisan kaca Cirebon cenderung mengambil tema Wayang, Kereta Singa Barong, Paksi Naga Liman, Pola Mega Mendung, Kaligrafi Islam, Gambar Masjid, Buroq, dan sejenisnya. Sekilas, lukisan kaca khas Cirebon mungkin tampak seperti lukisan yang dibingkai dan dilapisi kaca biasa.

Menggunakan teknik lukis terbalik dengan mechanical pen, lukisan ini memang unik dan membutuhkan keahlian tersendiri. Cat yang digunakan untuk melukis di kaca ini sama seperti cat untuk melukis di media kanvas. Pelukis kaca ini menempatkan semacam kayu panjang di antara lukisannya, untuk menyangga tangannya agar tidak menyentuh lukisan yang baru dipoles.

Lukisan kaca banyak diminati oleh wisata asing maupun lokal, dikomplek Goa Sunyaragilah para seniman membuat lukisan kaca. Salah satunya mas Panjul Seniman menurutnya “saya sudah lama menekuni seni lukis kaca dan sehari mampu membuat 10 buah lukisan dan sebulan bisa mendapatkan untung sampe 15jt” katanya.

Seiring dengan perkembangan zaman lukisan kaca masih tetap mempertahankan eksitensinya sebagai salah satu cinderamata khas Cirebon, jadi jika anda berkunjung ke Cirebon jangan lupa membeli cinderamata ini sebagai salah satu buah tangan anda. (CT.107)

BACA JUGA:   Sempat Kosong, PDP di Majalengka Bertambah

Komentar

News Feed