oleh

Longsor dan Angin Kencang Rusak Sejumlah Rumah Warga Majalengka

Citrust.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Majalengka mengakibatkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan parah.

Menurut keterangan Sekretaris Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Wawan, bencana diawali angin kencang saat hujan deras yang mengakibatkan pohon tumbang. Satu ruas jalan menuju Blok Cikuda terisolasi karena pohon tumbang yang mengenai kabel PLN.

“Selain itu, pohon tumbang menimpa rumah rumah yang mengakibatkan kerusakan cukup berat. Rumah yang mengalami kerusakan milik Kardi dan Inah. Saat ini, kedua pemilik rumah sudah dievakuasi ke rumah tetangga terdekat,” ungkap Wawan, Selasa (25/1).

Longsor juga terjadi di Desa Cimeong, Kecamatan Banjaran. Bencana itu mengakibatkan tiga rumah warga rusak berat.

Sekdes Desa Cimeong, Rizal Ridwan, mengatakan, longsor diakibatkan hujan deras disertai angin kencang. Tanah longsor menimpa rumah milik Hadi (50) di Blok Kadongdong dan rumah milik Maman (45) di Blok Landeuh.

“Kerugian lebih dari Rp50 juta. Saat ini sudah dilaporkan ke BPBD kabupaten Majalengka,” ungkapnya.

Selain itu, curah hujan deras di wilayah selatan Kabupaten Majalengka mengakibatkan banjir yang merendam ruas jalan provinsi Cikijing-Cigasong, tepatnya di Desa Sukamukti, Kecamatan Cikijing.

“Hal itu mengakibatkan banjir merendam jalan sepanjang 500 meter lebih. Sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan untuk antisipasi banjir yang menyebabkan kemacetan ini,” kata Yanto Heryanto, warga setempat.

Menurutnya, titik banjir bahkan meluas hingga Desa Banjaran dari dan Desa Sindang. Kecamatan Cikijing.

“Ruas jalan provinsi di kedua Desa tersebut terendam banjir dan berbahaya bagi pengguna jalan. Tolong instansi terkait segera diperbaiki,” harapnya. (Abduh)

Komentar

News Feed