oleh

Kreatif! Ada Biola Bambu Buatan Tangan Orang Indonesia

CIREBON (CT) – Siapa belum tauhu alat musik gesek, kecil, berlekuk di bagian tengahnya, bertali empat, bersuara melengking jika digesek, cara memainkannya dengan menempatkan pangkalnya di antara dagu dan pundak? Ya, biola. Alunan alat musik ini apabila dimainkan oleh seseorang yang sudah mahir, rasanya menyayat hati dan terdengar merdu sekali.

Namun, Ngatmin (36), merupakan pelopor pembuatan biola dari bambu. Kualitas hasil tangan warga Desa Japan RT 04 RW 03 ini tak kalah dari biola buatan luar negeri. Gesekan antara senar dan gagang rambut (bow) di biola Ngatmin menghasilkan suara nyaring dan melengking. Tak kalah merdu dibanding biola berbahan kayu, bahkan buatan Eropa muapun Tiongkok.

Karena Ngatmin tak sembarangan memilih bambu. Dia hanya menggunakan jenis petung, bambu berdiameter lebar, berbahan tebal dan biasa tumbuh di pegunungan, serta jenis wulung yang daging bambunya lebih tipis. Itu berpengaruh terhadap suara yang dikeluarkan. Butuh berkali-kali percobaan hingga akhirnya biola kayu buatannya tercipta. Memang, tidak semua bagian biola dibuat dari bambu. Ada kombinasi bahan kayu yang digunakan di bagian leher atau empat jari. Sementara, di bagian ujung, untuk mempercantik tampilan, dia membuat ukiran berbagai bentuk. Ada replika kepala manusia juga kepala naga. Hasil karyanya ini diberi nama Stardivarious Indonesia. (Net/CT)

BACA JUGA:   NU Majalengka Gelar Bakti Sosial Peringati Hari Santri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed