oleh

Kenali Tubuh Anda Saat Kekurangan Air

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Mengingat kebutuhan tubuh akan air sangat diperlukan, bahkan 70% kandungan tubuh manusia adalah air. Asupan air harus terpenuhi agar tidak terjadi dehidrasi atau menimbulkan penyakit tertentu yang disebabkan kurangnya mengonsumsi air mineral. Jika Anda mengalami tanda-tanda berikut, artinya tubuh Anda membutuhkan air segera.

  1. Meningkatnya detak jantung
    Dehidrasi dapat memiliki dampak besar pada bagaimana fungsi hati dan jantung agan. Ketika seseorang minum sedikit air, menyebabkan penurunan plasma darah yang membuat darah menjadi kental. Akibatnya jantung agan bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah melalui tubuh. Oleh karena itu, dokter sangat menyarankan minum air setidaknya 6 – 8 gelas atau 1,5 – 2 liter perhari.
  2. Kurang konsentrasi
    Dalam studi baru-baru ini, kurangnya asupan air mengakibatkan fungsi kognitif yang buruk dan hilangnya konsentrasi (memori). Hal ini disebabkan karena otak secara garis besar terdiri dari 90% air. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memulai hari dengan memimum segelas (gelas besar) air untuk mempertahankan fungsi otak yang optimal.
  3. Nyeri Sendi dan Otot
    Untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang rawan, air adalah komponen penting. Bahkan, sendi terdiri dari 80% air. Ketika tubuh agan kekurangan air, mengakibatkan terjadinya gesekan pada sendi  yang menimbulkan rasa sakit. Sebuah studi mengungkapkan, ketika tubuh kekurangan air, hal ini menyebabkan otot-otot berkontraksi yang dapat menyebabkan kram.
  4. Urin berwarna keruh
    Tanda-tanda tubuh membutuhkan air adalah urin bewarna keruh. Jika tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka urin akan bewarna bening, tetapi sebaliknya akan mengakibatkan urin bewarna gelap. Jangan biasakan urin bewarna gelap, karena ini dapat menyebabkan infeksinya kandung kemih dan masalah saluran kemih lainnya. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed