oleh

Karna Sobahi: Pendidikan adalah Investasi Jangka Panjang

Citrust.id Pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional 2022, Bupati Majalengka, Karna Sobahi menekankan pendidikan adalah investasi jangka panjang. Investasi tersebut untuk masa depan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional secara virtual di Gedung Yudha Karya Abdi Negara, Jumat (13/5/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, Hj. Lilis Yuliasih, berharap, peringatan Hari Pendidikan Nasional bisa memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan.

“Mengingatkan kembali seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hajar Dewantoro dalam meletakan dasar dan arah pendidikan bangsa. Di samping.itu, meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengatakan, pendidikan adalah investasi jangka panjang,

“Investasi ini tidak bisa dirasakan hari in. Anak cucu kita yang akan merasakannya,” jelasnya.

Karna melanjutkan, dunia Pendidikan Kabupaten Majalengka patut berbangga hati dengan hadirnya dua payung hukum pendidikan, yaitu Perda Pendidikan dan Perda Pesantren.

Ia meminta Disdik dan Kemenag untuk segera mendorong dan menggerakkan kedua Perda tersebut agar masyarakat dapat merasakannya.

Lebih lanjut Karna menyoroti terkait problem pendidikan selain menyangkut kurikulum. Masalah pertama, masih banyaknya sarana-sarana pendidikan yang rusak, gedung, maupun tempat belajar. Hal tersebut menggambarkan ketidaksempurnaan fasilitas pendidikan.

“Dengan keterbatasan anggaran, kami berupaya keras mrehabilitasi bangunan-bangunan sekolah, baik itu SD maupun SMP. Hal tersebut guna menciptakan gedung layak huni untuk menunjang proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Karna mengungkapkan, masalah selanjutnya adalah kurangnya tenaga pendidik. Jumlah tenaga pendidik atau guru yang pensiun makin hari makin meningkat. Kondisi itu berdampak pada proses belajar siswa karena jumlah guru makin sedikit.

“Untuk itu, Pemkab Majalengka bersama dengan pusat menyelenggarakan pengangkatan tenaga PPPK untuk memenuhi tenaga pengajar, agar para peserta didik.mendapatkan kualitas pendidikan yang baik,” harapnya. (Abduh)

Komentar