oleh

Karbohidrat Tidak Perlu Dihindari, Asalkan…

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sekelompok ilmuwan dan produsen makanan menyatakan bahwa karbohidrat dapat benar-benar membantu tubuh membakar lemak dengan lebih baik. Yang mereka maksud adalah jenis karbohidrat mereka berarti resisten pati atau resistent starch (RS).

Meskipun kebanyakan orang belum mendengar tentang RS, para ahli mengatakan bahwa makanan kaya RS, seperti pasta dan kentang, dapat membantu kita menurunkan berat badan jika kita memakannya denga cara yang tepat.

RS seperti pati tapi bertindak seperti serat, melewati usus kecil ke usus besar tanpa dicerna. Zat pati atau tepung yang normal memiliki kalori karena kita mencerna dan menggunakan glukosa mereka untuk energi. Kebanyakan makanan bertepung, seperti roti putih dan pasta biasa, memiliki kandungan pati yang mudah dicerna.

Berbeda dengan RS, karena tubuh kita tidak bisa mencernanya maka energi yang kita dapat darinya juga tidak langsung, sehingga nilai kalorinya banyak berkurang. RS juga memicu hormon yang membuat kita merasa lebih kenyang, membantu kita makan lebih sedikit sepanjang hari.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa karbohidrat yang normal, seperti roti putih, dengan kandungan pati manisnya akan menyebabkan lonjakan insulin. Namun, karena karbohidrat RS tidak bisa dicerna dan dipecah menjadi gula, respons lonjakan insulin pun bisa dihambat.

Dan sambil menunggu kepastian penelitian lanjutan, mungkin kita bisa mulai tidak terlalu anti karbohidrat,terutama yang jenis RS dan mengubah cara kita memasak dan menyantapnya. Biar bagaimanapun kita memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi, dalam takaran yang tepat. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Kurir Narkoba di RS Permata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed