oleh

Gerakan Yoga yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Haid memang bukan halangan untuk melakukan yoga. Karena Salah satu manfaat yoga adalah meredakan nyeri haid. Namun, ada beberapa pose yoga yang tidak dianjurkan dilakukan saat sedang haid. Khususnya saat sedang banyak mengeluarkan darah haid, seperti di hari pertama dan kedua.

1. Gerakan terbalik
Pose terbalik atau inversi seperti hand stand tidak dianjurkan jika sedang haid. Hand stand adalah posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Pasalnya, gerakan terbalik membuat pengeluaran darah kotor menjadi tidak maksimal.

2. Gerakan melilit
Gerakan melilit atau twisting pada bagian perut juga tidak dianjurkan. Gerakan ini dikhawatirkan hanya akan menambah nyeri perut saat haid.

3. Kalajengking (Scorpion)
Pose scorpion atau pose yang menyerupai bentuk kalajengking sebaiknya dihindari jika sedang haid. Pose scorpion juga membuat kepala lebih rendah dari kaki.

4. Pose ‘perahu’
Pose yoga yang menyerupai bentuk perahu atau seperti huruf V justru hanya akan menekan area pangkal paha maupun selangkangan. Jika sedang haid, apalagi sering terasa nyeri, pilihlah gerakan yoga yang menenangkan dan merileksasi otot-otot tubuh.

Bagi pemula, disarankan untuk tidak melakukan gerakan yoga hanya dengan melihat Youtube. Pasalnya, mencontoh gerakan melalui Youtube, belum tentu pose yang dilakukan sudah sesuai, demikian menurut pendiri komunitas Yoga Gembira Yudhi Widiantoro. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pramuka MTS dan SMK Maarif Napak Tilas Semangat Pahlawan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed