oleh

Meditasi Tidak Melulu Terpejam dan Duduk Diam

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Meditasi ternyata tak selalu berarti duduk diam dalam posisi mata terpejam. Salah satu keistimewaan meditasi adalah kita bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak metode untuk bermeditasi. Ini yang sering tidak disadari banyak orang. Bila Anda termasuk orang yang ingin bisa melakukan meditasi di mana pun, ketahui 5 jenis meditasi berikut ini.

Qigong
Ini adalah meditasi kuno dari Tingkok. Bisa dilakukan oleh orang segala usia dan bermanfaat untuk mental, fisik, dan spritiual. Qigong sebenarnya gerakan lambat yang mengalir dan ritmik. Aktivitas ini fokus untuk menenangkan pikiran dan menjaga pernapasan stabil.

Manfaat fisik dan psikologi Qigong antara lain mengurangi rasa sakit, menurunkan kecemasan, dan meningkatkan kestabilan. Jika dilakukan secara rutin kita juga akan merasakan ketenangan pikiran seperti halnya meditasi.

Yoga
Selain menghasilkan kelenturan dan kebugaran, melakukan yoga juga dapat memberikan efek seperti meditasi. Ketika kita melakukan gerakan baru yang terasa menantang, pikiran kita lebih fokus dan jernih. Konsentrasi juga lebih baik.

Meditasi berjalan
Tidak sekedar melangkahkan kaki, ketika fokus pada perjalanan santai yang sedang dilakukan sebenarnya kita juga sedang bermeditasi. Hal yang terpenting adalah menyadari atau hadir seutuhnya pada momen yang sedang dialami pada saat itu.

Tai Chi
Tai Chi sebenarnya adalah ilmu bela diri, tetapi melibatkan gerakan yang lembut, teratur, dan mengarahkan kita untuk memiliki keseimbangan spritual dan kejernihan mental. Walau gerakannya terlihat lambat, tapi ketika kita percepat maka akan menjadi bentuk bela diri.

Berada di alam
Menghabiskan waktu berada di alam terbuka sangat bermanfaat positif bagi kesehatan mental. Pengalaman ini juga bisa kita gunakan sebagai bentuk meditasi.  Nikmati suasana dan diam dalam keheningan. Fokuslah pada apa yang sedang Anda alami sehingga konsentrasi dan mood menjadi lebih baik. (Net/CT)

Komentar

News Feed