oleh

Kader JKN Cirebon Siap Bantu Masyarakat

Citrust.id – Sebagai upaya mengoptimalkan peran Kader JKN di masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon melakukan pertemuan evaluasi serta sosialisasi Program JKN-KIS bertempat di ruang rapat BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Senin (20/1).

Kegiatan itu menjadi ajang silaturahmi sekaligus berbagi pengalaman antar Kader JKN selama bertugas di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kader JKN merupakan mitra dan perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan di tengah masyarakat. Mereka dapat membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang program JKN-KIS.

“Peran dan fungsi dari Kader JKN adalah sebagai pengingat dan pengumpul iuran peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Kader juga dapat melakukan pemasaran sosial dan edukasi, pendaftaran peserta baru, pemberi informasi seputar program JKN-KIS. Kehadiran Kader JKN-KIS diharapkan dapat membantu masyarakat agar status Kepesertaan JKN-KIS nya tetap aktif,” jelas Wahyu Amru, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon.

Selain melakukan evaluasi, lanjut Wahyu Amru, Kader JKN juga mendapatkan paparan informasi terbaru tentang aplikasi Mobile JKN, yaitu tentang fitur ketersediaan tempat tidur di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Fitur itu memberikan kemudahan bagi calon peserta JKN-KIS yang ingin mengetahui ketersediaan kamar di FKRTL.

Selain itu, Kader JKN juga memperoleh informasi terkait adanya Program PRAKTIS yang telah berjalan sejak bulan Desember 2019 sampai dengan April 2020. Melalui Program PRAKTIS, Peserta JKN-KIS yang ingin melakukan perubahan kelas rawat dapat melakukan perubahan tanpa harus menunggu satu tahun kepesertaan.

Program PRAKTIS dapat dilakukan tidak hanya di Kantor Cabang dan Kabupaten tetapi juga melalui aplikasi Mobile JKN, Care Center BPJS Kesehatan 1500400 serta Mobile Customer Service BPJS Kesehatan yang berkeliling ke Desa, Kelurahan, ataupun pusat keramaian lainnya setiap harinya.

BACA JUGA:   Seluruh PDP di Majalengka Dinyatakan Sembuh

Asep Yula, salah seorang Kader JKN di wilayah Kabupaten Kuningan, mengaku sangat terbantu dengan adanya pertemuan itu. Menurutnya, banyak inovasi BPJS Kesehatan yang sudah membantu Masyarakat. Oleh karenanya, ia berharap BPJS Kesehatan dapat terus melakukan inovasi guna memberikan pelayanan yang optimal kepada Peserta JKN-KIS.

Sebagai Kader JKN, ia juga siap membantu BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi terkait Program JKN-KIS dan inovasinya kepada masyarakat.

“Berbagai inovasi serta fitur di aplikasi Mobile JKN sangat membantu untuk mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya Program JKN-KIS yang sangat bermanfaat ini. Kami siap membantu BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi juga mengingatkan peserta JKN-KIS akan pentingnya status kepesertaan JKN-KIS aktif dengan rutin membayar iuran setiap bulannya,” ungkap Asep Yula. (*)

Komentar

News Feed