Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon mencatat pemberangkatan pelanggan KA selama semester 1 tahun 2024 sebanyak 995.491. Sementara, pelanggan turun atau datang di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 962.830 penumpang.
Adapun jumlah pelanggan yang dilayani keberangkatan dan kedatangan selama periode semester I tahun 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 1.958.321 penumpang. Jumlah tersebut naik sebanyak 27,3 persen dari semester I tahun 2023 yang sebanyak 1.537.801 penumpang.
Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, mengatakan, selama periode semester I tahun 2024 tersebut, Daop 3 Cirebon pada bulan Januari mengangkut sebanyak 155.445 penumpang, dan Februari 156.469 penumpang
Selanjutnya, Maret 134.920 penumpang, April 210.478 penumpang, Mei 163.561 penumpang, dan bulan Juni sebanyak 174.618 penumpang.
“Puncak kepadatan penumpang terjadi pada bulan April 2024 karena ada momen libur Hari Raya Idulfitri,” jelas Rokhmad.
Sedangkan untuk stasiun dengan keberangkatan pelanggan KA tertinggi di wilayah Daop 3 pada semester I tahun 2024 di antaranya, Stasiun Cirebon dengan 358.429 penumpang, dan Stasiun Cirebonprujakan 211.863 penumpang.
Kemudian, Stasiun Jatibarang 128.621 penumpang, Stasiun Brebes 108.214, dan Stasiun Haurgeulis 63.572 penumpang.
Adapun jumlah penumpang berdasarkan kelas pada semester I tahun 2024 sebanyak 995.491. Jumlah itu terdiri dari Kelas Eksekutif sebanyak 240.903 penumpang, Kelas Bisnis 75.296 penumpang, dan Kelas Ekonomi 679.292 penumpang.
Bila dibandingkan dengan jumlah penumpang periode semester I pada tahun 2023 sebanyak 778.431, maka terjadi peningkatan sebesar 27,8 persen.
“Terima kasih kepada masyarakat dan para pelanggan kereta api atas kepercayaannya menggunakan layanan transportasi kereta api. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik lagi,” jelas Rokmad.
Adapun peningkatan layanan yang telah KAI Daop 3 Cirebon lakukan di antaranya, pengoperasian Face Recognition Gate di Stasiun Cirebon, menyediakan layanan minum gratis di Stasiun Cirebon dan Cirebonprujakan, serta penataan beberapa stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon.
“Kami akan terus melakukan perbaikan-perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta keselamatan perjalanan kereta api. Dengan upaya peningkatan kualitas secara kontinyu ini, kami berharap, kereta api dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” pungkasnya. (Haris)