oleh

JKN Jamin Penuh Persalinan Caesar Waetin

Citrust.id – Rasa haru bercampur bahagia tidak bisa menutupi raut wajah Waetin (25) karena Program JKN jamin penuh persalinan Waetin.

Beberapa hari lalu, warga Jatibarang, Kabupaten Indramayu, itu menjalani proses persalinan caesar anak keduanya di salah satu rumah sakit di Kabupaten Indramayu. Program JKN jamin penuh persalinan Waetin.

“Alhamdulillah semua lancar dari awal masuk rumah sakit sampai anak saya lahir. Saya dan anak saya juga sudah sehat sekarang,” ucap Waetin, Jumat (24/6/2022).

Waetin merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) sejak tahun 2014. Dalam kesehariannya, ia merupakan seorang ibu rumah tangga dan mengurus anak. Suaminya bekerja sebagai seorang buruh.

Waetin mengungkapkan, selama mendapatkan layanan di rumah sakit, ia mengaku tidak pernah merasa mendapat perbedaan dengan pasien lainnya. Selain itu menurutnya, dokter dan perawat yang merawatnya sangat ramah dan baik. Ia juga tidak dikenakan biaya atas persalinan caesar anak keduanya tersebut.

“Bersyukur sekali JKN menanggung semua biaya. Padahal kan untuk operasi caesar biayanya tidak sedikit. Saya juga bersyukur tidak mengalami kesulitan saat menjalani perawatan. Selama kita sesuai prosedur, JKN pasti menanggung,” ungkap Waetin.

Ia mengakui, kehadiran Program JKN sangat bermanfaat bagi ia dan keluarganya. Tak pernah terbayangkan di benaknya apa yang akan terjadi jika ia tidak terdaftar sebagai peserta JKN. Waetin mengaku telah mendapatkan berbagai manfaat dan layanan dari Program JKN sejak tahun 2014.

“Persalinan anak pertama ibu juga caesar. Saya juga pernah menjalani operasi karena kanker pada tahun 2015. Kalau tidak ada Program JKN, pasti bingung semua biayanya dari mana,” ujar Waetin.

Menurut Waetin, hadirnya Program JKN telah banyak membantu meringankan perekonomian ia dan keluarganya. Sistem gotong royong telah ia rasakan. Ia sangat berterima kasih kepada semua pihak, terutama peserta JKN yang secara rutin membayar iuran. Ia pun berharap agar Program JKN terus berkembang maju pada masa yang akan datang.

“Program JKN ini sudah sangat bagus. Sangat membantu masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Banyak orang yang sudah merasakan manfaatnya, termasuk saya sendiri,” kata Waetin. (Haris)

Komentar