oleh

Jelang Lebaran Besok, Ini Persiapan Masjid Raya At-Taqwa Gelar Salat Id

CIREBON (CT) – Masjid Raya At-Taqwa siap menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H pada Rabu (06/07) besok. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah Kota Cirebon, DKM Masjid Raya At-Taqwa, dan Kementerian Agama Kota Cirebon telah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan salat id sejak dua hari yang lalu, rapat koordinasi pun sudah dimulai sejak sepuluh hari terakhir Ramadan, Selasa (05/07).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun CT, persiapan yang sudah dilakukan berupa persiapan tempat, yaitu menyiapkan shaf jemaah di alun-alun Kejaksan, dengan memasang tambang dan cat, sound system, juga tempat untuk media meliput.

Teknis pelaksanaan atau susunan acara juga sudah disiapkan, mulai dari pembukaan, prakata panitia, sambutan Walikota Cirebon, pengumuman, dan dilanjutkan dengan salat Idul Fitri yang kemudian diakhiri dengan khutbah.

Bertindak sebagai Khotib salat Idul Fitri adalah Dandim 0614 Sunan Gunung Jati Cirebon, Letkol Inf Suharma Zunam, S.A.P, M.Si. Sedangkan shalat sunah Idul Fitri akan diimami oleh Ustaz Fatthurahman Al Hafid, sementara bilalnya adalah Ustaz Sulaiman, S.Pd.i. Rangkaian acara pelaksanaan shalat ied akan dipandu oleh Tabri, S.Pd.I dari Kementerian Agama Kota Cirebon.

Pelaksanaan salat ied di Masjid Raya At-Taqwa akan dimulai pukul 06.15 WIB. dikatakan oleh Ketua Umum Masjid Raya At-Taqwa, H. Ahmad Yani, M.Ag., masyarakat Cirebon yang akan melaksanakan salat ied diimbau untuk datang sebelum pukul 06.00 WIB.

“Diharapkan masyarakat yang melaksanakan salat sunah Idul Fitri besok dapat berbondong-bondong merayakan hari kemenangan, yang ditunjukkan dengan keutamaan melaksanakan salat sunah Idul Fitri, yang disempurnakan bukan hanya shalat dua rakaat, tetapi juga mendengarkan dan menyimak khutbah sampai selesai,” ujarnya.

BACA JUGA:   Arah Band Sukses Hibur Penggemarnya di Cirebon

Selain itu, lanjut Ahmad Yani, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan penuh semangat keislaman, semangat berbagi, dan silaturahmi.

“Jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum melaksanakan shalat sunah Idul Fitri. Masyarakat juga harus memberikan kepedulian untuk Masjid Raya At-Taqwa, karena Masjid Raya At-Taqwa merupakan masjid yang mandiri, satu-satunya masjid milik pemerintah yang tidak dibiayai pemerintah kota,” ujarnya. (Leila)

Komentar

News Feed