oleh

Ini Pesan dan Harapan Forkopimda Majalengka pada HUT ke-75 RI

Citrust.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI bersamaan dengan pandemi Covid-19. Sejumlah pesan dan harapan dilontarkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Majalengka, Minggu (16/8).

Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengatakan, pada 75 tahun yang lalu, negeri ini telah merdeka dengan perjalanan yang masih panjang.

“Untuk itu, kita sebagai generasi saat ini harus mampu mengangkat spirit yang telah diperagakan oleh para pejuang dan pahlawan terdahulu, “kata dia.

Dia menambahkan, kendati Pandemi Covid-19 masih terus bergerak, akan tetapi dengan semangat heroisme dan patriotisme kemerdekaan tetap menyala, momen HUT ke-75 RI bisa menjadi peluang untuk lebih menggempur Covid-19.

“Langkahnya dengan semangat kesadaran mentaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun. Ayo bangkit 75 tahun untuk Indonesia Maju,” tegasnya.

Komandan Kodim 0617 Majalengka, Letkol (Inf), Andik Siswanto, mengajak masyarakat tetap semangat dan pantang menyerah melawan virus Corona, dengan tidak pernah lelah menerapkan protokol kesehatan.

“Terus berkarya untuk bangsa dan negara ini. Mari bersama-sama wujudkan ketahanan pangan di Majalengka, lestarikan kearifan lokal menuju ekonomi kerakyatan untuk kesejahteraan masyarakat Majalengka Sugih Mukti dan Raharja,” paparnya.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengajak masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan tetap produktif. Lawan Covid-19 dengan cara patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“TNI-Polri siap mendukung dan mengamankan kebijakan pemerintah dalam melindungi mengayomi serta memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka, Dede Sutisna, menuturkan, pihaknya akan terus bergerak, berkarya dan peduli terhadap sesama khususnya masyarakat Kabupaten Majalengka melalui kegiatan bakti sosial (baksos).

“Wabah ini tidak menghalangi kami bekerja bagi seluruh masyarakat yang pencari keadilan di wilayah Majalengka,” kata dia.

BACA JUGA:   Graduasi KPM PKH 2020 Bisa Meleset karena Pandemi Covid-19

Komandan Lanud S. Sukani, Letkol Pnb Riky Helman, menuturkan, pihaknya tidak akan pernah melupakan sejarah dan jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

“Peringatan hari kemerdekaan adalah momentum setiap tahun untuk selalu menggugah kita agar selalu ingat akan jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan,” tuturnya.

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardina, menuturkan, subtansi peringatan HUT ke-75 RI adalah bisa menangkap api spirit perjuangan para pejuang bangsa.

“Kita bisa melanjutkan semangat para pendahulu dengan kerja nyata membangun untuk kejayaan bangsa,” ucapnya.

Komandan Bataliyon Infantri R 321/GT, Mayor (Inf) Octavian Englana Partadimaja, mengemukakan, pihaknya berharap dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta.

Termasuk terus menjalin kerukunan antarsesama, sehingga pembangunan negara ini dapat berjalan dengan lancar .

“Terkait Covid-19, saya berharap kita bersatu, semangat dan optimis dapat melewati masa pandemi ini. Melalui disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ketua DPRD Majalengka, Edy Anas Djunaedi, mengemukakan, ada perbedaan dalam perayaan HUT RI tahun ini. Namun, hal itu semestinya tidak menggugurkan semangat kemerdekaan.

“Seperti pidato kenegaraan Pak Presiden RI, sudah mestinya kemerdekaan ini kita rayakan dengan suka cita. Jangan melupakan jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mewujudkan kemerdekaan,” kata dia. (Abduh)

Komentar

News Feed