oleh

Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan Saat Tersedak

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Biasanya tragedi tersedak terjadi ketika seseorang sedang makan sambil berbicara atau bercanda bersama orang lain sehingga makanan yang akan masuk kedalam perut tersumbat di dalam tenggorokan sehingga akan menghalangi pernapasan orang tersebut. Hal inilah yang berbahaya jika dibiarkan bisa membuat penderita gagal untuk bernapas. Orang yang tersedak dapat dilihat dari tangannya yang memegang leher dan sulit bernapas.

Pertama yang perlu dilakukan sebagai langkah pertolongan bila orang dewasa tersedak adalah memaksakan agar penderita batuk. Ketika penderita batuk maka akan terjadi dorongan udara keluar dengan lebih besar sehingga benda yang mengganggu bisa keluar. Berikutnya adalah memukul punggung. Pegang dada orang yang tersedak lalu mintalah dia membungkuk. Setelah itu pukul bagian tulang bahu belakang penderita. Ulangi hal tersebut sambil melihat apakah benda yang mengganggu terlihat.

Cara lain untuk mengatasi tersedak adalah dengan memberi tusukan di perut penderita. Caranya adalah dengan memberi tekanan pada perut menggunakan jempol tangan yang menggenggam. Berilah tekanan ke dalam dan keatas agar paru-paru memberi tekanan udara yang bisa membuat benda yang mengganggu keluar. Lakukan langkah diatas secara berulang hingga benda keluar. Jika benda tidak juga keluar dan justru penderita pingsan Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Cara terakhir pertolongan pertama jika orang dewasa tersedak adalah dengan langkah CPR, yakni memberi tekanan pada dada penderita. Hal ini dilakukan jika penderita sampai kehilangan kesadarannya. Dan jika masih tidak sadar segeralah bawa ke rumah sakit. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kotaku: Reorientasi Pembangunan Kota Cirebon

Komentar

News Feed