oleh

Cara Basmi Kutu Rambut dengan Cepat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kutu rambut merupakan hewan kecil sejenis parasit yang berkembang biak di rambut manusia. Hewan ini dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cara melompat. Adapun media perpindahan kutu ini yakni seperti handuk, sisir, topi, bantal, jilbab, dan benda lainnya yang berkaitan dengan kepala kita. Saat kutu rambut tersebut mulai menghisap darah di kulit kepala maka korban akan merasa gatal, hal tersebut dikarenakan oleh air liur kutu tersebut. Saat terasa gatal inilah sebaiknya tidak menggaruk kulit kepala secara berlebihan karena akan mengakibatkan iritasi atau luka. Beberapa bahan alami yang terbukti dapat menghilangkan kutu rambut diantaranya yakni bawang merah, minyak kelapa, cuka putih, dan jeruk nipis.

  1. Menggunakan minyak kelapa
    Anda bisa menghilangkan kutu rambut menggunakan minyak kelapa, caranya dengan membalurkan minyak kelapa dari pangkal sampai ujung rambut. Kemudian tutup menggunakan penutup rambut atau shower cup. Diamkan selama kurang lebih 6 jam, bisa dilakukan pada pagi maupun malam hari. Namun, sebaiknya lakukan pada malam hari sebelum tidur agar tidak menganggu aktivitas. Langkah terakhir yakni bersihkan rambut anda dengan keramas seperti biasa menggunakan shampo.
  2. Bawang merah
    Bumbu dapur ini ternyata cukup efektif guna membasmi kutu rambut. Cara menggunakannya yakni pertama-tama haluskan bawang merah terlebih dulu, mungkin anda akan membutuhkan setidaknya 5 siung bawang merah. Setelah benar-benar halus kemudian balurkan pada rambut kepala anda secara merata, lakukan pula pemijatan secara perlahan. Diamkan setidaknya 1 hingga 1,5 jam, setelah itu barulah bersihkan rambut anda dengan shampo.
  3. Cuka putih
    Anda dapat melepaskan telur kutu yang menempel pada rambut dengan cara meneteskan cuka putih secukupnya pada rambut, setelah itu usapkan sampai merata. Diamkan selama 2 jam kemudian barulah bilas rambut anda dengan shampo. Selain dapat melepaskan telur kutu dari rambut, cuka putih ini juga dapat menggagalkan penetasan telur kutu.
  4. Campuran jeruk nipis dan minyak kayu putih
    Cara selanjutnya yang dapat anda pilih yakni dengan mencampurkan minyak kayu putih sebanyak 2 sendok makan dengan perasan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu, aduk-aduk sampai rata dan balurkan pada rambut kepala sampai merata. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 2 jam dan bilas rambut sampai bersih. Agar lebih maksimal anda juga dapat menutup rambut dengan shower cup. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed